Connect With Us

Penderita HIV/AIDS di Kota Tangerang Bertambah

| Selasa, 29 November 2011 | 18:17

Sosialisasi Bahaya Aids (tangerangnews / rangga)


TANGERANG-Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Tangerang, cenderung meningkat tiap tahun. Karena kesadaran masyarakat masih rendah terkait bahaya penyakit itu.

"Sekarang ini total penderita ada 571 orang. Memang meningkat, tapi jika dilihat dari penderita baru justru menurun," ucap  Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Tangerang , Ati Pramudjiastuti, seusai acara seminar bertema penanggulangan aids di Modernland Golf, Selasa (29/11).

Menurut Ati, penderita baru pada 2009 mencapai 103 orang, lalu pada 2010 penderita baru 97 orang, dan 2011 ini ada tambahan lagi sebanyak 60 orang penderita baru. Dengan begitu jumlah total penderita AIDS menjadi 571 orang.

"Tiap tahun pasti meningkat karena penyakit ini tidak bisa sembuh. Data kami dari tahun 2004 hingga 2011 mencapai 571 orang," tandas Ati.

Melihat fakta seperti itu, kata Ati, pihaknya terus berupaya dalam menanggulangi bahaya aids. "Jadi bagaimana para penderita HIV/AIDS, tidak sampai jadi penderita aids," ujarnya.

Menurut Ati, mayoritas penderita aids itu adalah mereka yang masih berusia produktif, yakni 21 - 30 tahun. "Dari 571 orang penderita AIDS itu, 51 persen tertular akibat penggunaan narkoba suntik. Karena itu kami concern pada pengguna narkoba suntik ini," ujarnya.

Bentuk perhatian yang diberikan kata Ati, seperti pembagian jarum suntik gratis bagi para pengguna narkoba suntik. Jarum suntik itu dibagikan gratis, dan tersedia di Puskesmas Gondrong, Puskesmas Ciledug, Puskesmas Batu Ceper, dan Puskesmas Karawaci Baru.

"Jarum suntik gratis itu kami berikan bagi pecandu yang belum sadar. Bagi yang sudah sadar, kami masukan dalam program pemulihan," ucapnya. (DRA)

TANGSEL
KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

KPU Tangsel Lantik 35 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:06

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill