Connect With Us

Hari Buruh, 5 Ribu Buruh Tangerang Siap ke Jakarta

| Minggu, 22 April 2012 | 17:00

Buruh blokir jalan. (tangerangnews / rangga)


TANGERANG
-Sebanyak 5 ribuan buruh se-Tangerang Raya ( Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan)  akan bergerak menuju DKI Jakaryta  mengelar aksi besar-besaran pada peringatan Hari Buruh se-dunia atau May Day, Selasa (1/5) awal bulan depan.

Selain melayangkan sejumlah tuntutan kepada pemerintah, kaum pekerja mendesak May Day dijadikan sebagai hari libur nasional.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kab/Kota Tangerang, Riden Hatam Azis mengatakan, aksi buruh pada May Day nanti akan sangat berbeda dari demonstrasi buruh sebelumnya, karena ribuan buruh se Jabodetabek konsentrasi mengeruduk  Jakarta. Titik-titik sentral dan kantor pemerintahan pusat akan dijadikan sasaran lokasi buruh berorasi. Koordinasi dan persiapan telah dilakukan buruh beberapa hari ini untuk memaksimalkan aksi memperingati May Day di Jakarta.

"May Day, sebanyak 5 ribu buruh se-Tangerang Raya akan mengepung Jakarta,"kata Riden , Minggu (22/4).

Riden mengutarakan, 5 ribu buruh dari Tangerang mencakup 80 unit kerja buruh di Tangerang. Mereka akan berkumpul di Jalan Tol Bitung dan titik-titik sentral yang telah disepakati aliansi buruh melalui rapat persiapan May Day sebelumnya, untuk kemudian bergerak ke Jakarta. Bundaran Hotel Indonesia, menjadi sasaran utama. Selain menyiapkan pasukan, konsolidasi persiapan May Day dengan membuat ratusan spanduk, poster, kaos warna merah berisikan sejumlah tuntutan telah dipersiapkan.
 
Tuntutan para buruh pada May Day, kata Riden, antara lain segera membuat Peraturan Presiden (Perpres) tentang pelaksanaan BPJS, pemberlakuan upah layak nasional, tolak outsourching. Dan buruh mendesak agar May Day dijadikan sebagai hari libur nasional.

"Pemerintah harus melegalkan May Day sebagai hari libur nasional, May Day sebagai hari kemenangan bagi kaum buruh. Karena, Indonesia mulai bergerak dari agraris menuju industrialisasi,"kata Riden.

Sementara, Ketua Federasi Serikat Buruh Karya Utama (FSBKU) Tangerang, Koswara mengatakan, ada sekitar 2.000 buruh dibawah koordinator FSBKU akan mendatangi Jakarta. Para buruh akan berkumpul di bawah Jalan Tol Bitung, Jalan Raya Serang, Kabupaten Tangerang.

Konsentrasi buruh juga dilakukan pada sejumlah ruas jalan di Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, sebelum menuju Jakarta buruh akan berorasi di Tangerang. Di Jakarta, buruh Tangerang fokus menduduki kantor Kementerian Tenaga Kerja dan BP Migas.

Koswara menuturkan, tema utama dalam peringatan May Day nanti, yakni melawan ekonomi kapitalisme. Poin dari tuntutan itu, menolak Kepmen 17 tahun 2005 tentang makanisme survei pengupahan, tolak praktek upah murah, tolak pemberangusan serikat pekerja dan kerja kontrak out sourching, lindungi aset-aset nasional. Serta menolak sistem pekerjaan di perusahaan dan industri yang membuat kehidupan buruh kian menderita.

"Pada May Day nanti, kami juga mengangkat penolakan harga kenaikan BBM,"kata Koswara. (DRA)
NASIONAL
Pecinta Motor Honda Wajib Tahu, PT WARI Gelar Promo Selama Mei Spesial Hardiknas

Pecinta Motor Honda Wajib Tahu, PT WARI Gelar Promo Selama Mei Spesial Hardiknas

Selasa, 7 Mei 2024 | 14:43

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2024, lalu PT WahanaArtha Ritelindo (WARI) mengumumkan serangkaian program kegiatan sosial dan promo spesial

PROPERTI
Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Jangan Lewatkan, Ada Promo Gudang dari Duta Indah Starhub di Acara Topping Off

Rabu, 8 Mei 2024 | 11:05

Duta Indah Starhub akan melakukan Topping Off sekaligus memberikan promo pada 18 Mei 2024 mendatang.

SPORT
Yuk, Ikut Aryaduta Fun Triathlon 2024 Tangerang Berhadiah Puluhan Juta

Yuk, Ikut Aryaduta Fun Triathlon 2024 Tangerang Berhadiah Puluhan Juta

Senin, 6 Mei 2024 | 20:35

Hotel Aryaduta Karawaci Tangerang menggelar event olahraga Triathlon dengan total hadiah mencapai Rp20 juta.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill