Connect With Us

Dua Rel ke Stasiun Tangerang Difungsikan Lagi

| Senin, 19 November 2012 | 18:41

Lokasi peristiwa. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Kereta Api melakukan perbaikan dan mefungsikan kembali rel kereta jalur dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Duri, Jakarta . Untuk menunjang jalur ini, 24 gerbong dari Jepang siap beroperasi dan menambah intensitas keberangkatan kereta. 
 
"Untuk peremajaan dan memfungsikan kembali rel kereta, sebenarnya sudah dimulai dari 2010, Desember ini dijadwalkan selesai," ujar Kepala Stasiun Kereta Api Tangerang Suhada,  Senin (19/11).
 
            Perbaikan rel yang ada sejak zaman penjajahan tersebut kata Suhada adalah sepanjang 19 Km dan menghubungkan dua stasiun utama communter line, yaitu Stasiun Tangerang dan Stasiun Duri di Jakarta. Namun begitu diakuinya dalam proses memfungsikan kembali rel itu menemui kendala.
 
Seperti perbaikan di lebih dari 10 jembatan rel kereta api, antara lain empat  jembatan besar, di Grogol, Duri, Taman Kota, dan Koneng. 
 
"Dan ada beberapa jembatan kecilnya, termasuk yang di Tanah Abang," ujarnya. 
 
Sementara untuk jembatan yang berada di Tangerang, seperti di Poris sudah diperbaiki sepenuhnya.
 
            Setelah pengerasan bantalan rel selesai pada Desember nanti,  proses akan dilanjutkan dengan pengerjaan aliran listrik dan pemasangan sinyal.
 
Untuk aliran listrik, Suhada menambahkan, nantinya akan ditambah dua gardu berkekuatan lebih dari 3500 watt yang akan ditempatkan di Poris dan Pesing, Jakarta Barat.
 
"Sebelumnya ada empat, karena nanti akan banyak frekuensi kereta listriknya, pasti akan ditambah dua gardu lagi. Sehingga tidak akan ada hambatan listrik dari PLN," ungkap Suhada.     
 
        Barulah, pensinyalan akan dikerjakan pada awal 2013, antara Januari atau Februari tahun depan. Dengan demikian, harapan mengangkut penumpang sebanyak 1,5 juta orang perharinya, akan terlaksana pada 2016 nanti.
             "Target tersebut bagi pengguna commuter line se Jabodetabek. Saat ini kami baru bisa mencapai 700-an ribu penumpang seharinya," ungkap Suhada.
 
            Bila dua rel sudah berfungsi di Stasiun Tangerang, Suhada memprediksi, pada jam sibuk antara jam 05.30-09.00 pagi, kereta listrik akan datang tiap 15 menit.
 
Itu pun, jelasnya, akan dibantu dengan jumlah gerbong yang akan ditambah. "Ya, ada 24 gerbong sudah datang dari Jepang.  Namun, itu masih diuji kelayakannya di Manggarai. Nanti masih akan terus ditambah jumlah gerbongnya," jelas Suhada.
 
BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

KOTA TANGERANG
Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Ini Lokasi Nobarnya di Kota Tangerang 

Minggu, 28 April 2024 | 12:45

Tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill