Connect With Us

Survei SMRC Klaim Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 26 Desember 2021 | 19:36

Presiden Jokowi. (@TangerangNews / Setpres)

TANGERANGNEWS.com-Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat mayoritas masuarakat Indonesia puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo.

Adapun tingkat kepuasan publiknya mencapai 71,7 persen. Sementara yang tidak puas atau kurang puas mencapai 25,3 persen.

"Mayoritas warga, 71,7 persen, sangat atau cukup puas dengan kerja Presiden Jokowi. Yang kurang atau tidak puas hanya sekitar 25,3 persen. Sementara yang tidak menjawab masih ada sekitar 3 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani seperti dilansir dari Merdeka, Minggu 26 Desember 2021.

Jika melihat secara tren, tingkat kepuasan Presiden Joko Widodo stabil dalam dua tahun terakhir. Terendah pada Juni 2019 yaitu hanya 62,2 persen, sementara paling tinggi mencapai 77 persen pada Maret 2021.

"Tingkat kepuasan ini stabil dalam dua tahun terakhir," kata Deni.

Tingginya tingkat kepuasan pada kinerja Presiden Jokowi sejalan dengan kepuasan publik pada kinerja pemerintah menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Mayoritas warga sebesar 75 persen merasa sangat atau cukup puas terhadap kinerja pemerintah pusat menghadapi pandemi. Yang kurang atau tidak puas sebesar 22 persen dan yang tidak menjawab 3 persen.

"Kepuasan ini, mengalami kenaikan dari 61 persen pada survei Oktober 2020 menjadi 75 persen pada Desember 2021," jelasnya.

Dilihat dari aspek penanganan ekonomi, 60,1 persen warga merasa sangat atau cukup puas terhadap kinerja pemerintah memulihkan ekonomi akibat pandemi. Masyarakat yang kurang atau tidak puas sekitar 34,7 persen dan tidak tahu atau tidak jawab 5,2 persen.

"Tingkat kepuasan ini naik dalam tiga bulan terakhir, dari 50,7 persen pada September 2021 menjadi 60,1 persen pada survei terakhir Desember 2021," kata Deni.

Survei SMRC digelar pada 8-16 Desember 2021 dengan wawancara tatap muka. Sebanyak 2420 responden dipilih secara acak (multistage random sampling). Margin of error survei diperkirakan sebesar kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill