Connect With Us

Pertama Sejak Pandemi, Pemerintah Berangkatkan Jemaah Ibadah Umrah

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 8 Januari 2022 | 22:17

Dirjen penyelanggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Hilman Latief. (@TangerangNews / Kemenag RI)

TANGERANGNEWS.com-Setelah beberapa tahun terakhir Indonesia tidak mengirimkan jemaah umrah akibat pandemi Covid-19, akhirnya Kementerian Agama melepas sebanyak 419 orang untuk melaksanakan ibadah umrah pada Sabtu 8 Januari 2022. 

Keberangkatan umrah ini menjadi yang pertama kali sejak pandemi Covid-19 melanda. "Semoga Allah  Subhanahu Wa Ta'ala  meridai kita untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah, serta bangsa dan negara," tutur Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief dalam keterangan tertulis, Sabtu 8 Januari 2022.

Menurut Hilman, pemerintah sudah menetapkan rencana awal pemberangkatan umrah pada Desember 2021 lalu. Namun, Kemenag masih menahan dan membatalkan rencana tersebut terkait dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 pada akhir 2021 lalu. 

Kemudian kini Indonesia telah mengirimkan jemaahnyake Tanah Suci untuk beribadah. Pada kesempatan ini Hilman mengingatkan agar para jemaah mematuhi aturan pencegahan penularan Covid-19 baik di Tanah Air maupun Arab Saudi. 

"Jaga kepercayaan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Tunjukkan bahwa jemaah umrah Indonesia patuh pada aturan, khususnya patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Ingatlah, pandemi Covid-19 belum berakhir," tutur Hilman.

Adapun berdasarkan arahan Menag, pihaknya tengah memfinalisasi peraturan tentang penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk yang terkait integrasi sistem dengan pemerintah Arab Saudi. 

Hal tersebut dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan jamaah. "Proses verifikasi sertifikasi vaksin, tes kesehatan, karantina, dan screening kesehatan dilaksanakan secara mudah, cepat, valid, akurat, serta menjamin kepatuhan persyaratan yang telah ditentukan oleh Indonesia dan Arab Saudi," terang dia.

Persiapan penyelenggaraan ibadah umrah ini melibatkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian er, Satgas Covid-19, Otoritas Bandara, serta BNPB.

Selanjutnya Hilman menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia atas dukungannya terhadap penyelenggaraan ibadah umrah kali ini, termasuk kepada kementerian/lembaga yang turut berpikir dan bekerja untuk suksesnya pemberangkatan jemaah umrah.

"Kami menitipkan jamaah umrah Indonesia untuk mendapatkan pelayanan terbaik sebagai tamu Allah, saudara sesama muslim dan pengunjung dua Tanah Suci," tutur Hilman.

BANTEN
Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 10 Maret 2024, Ini Lokasi Pemantauan Hilal di Banten

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 10 Maret 2024, Ini Lokasi Pemantauan Hilal di Banten

Rabu, 21 Februari 2024 | 09:15

Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar Sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1445 Hijriah di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama

BANDARA
Ada Promo Kursi Gratis Air Asia! Begini Cara Beli Tiketnya

Ada Promo Kursi Gratis Air Asia! Begini Cara Beli Tiketnya

Senin, 19 Februari 2024 | 09:27

TANGERANGNEWS.com- Maskapai penerbangan AirAsia kembali menghadirkan Free Seat dan Terbang Hemat untuk rute Internasional.

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

HIBURAN
Buy 1 Get 1, Simak Cara Dapat Tiket Gratis Film Pemandi Jenazah

Buy 1 Get 1, Simak Cara Dapat Tiket Gratis Film Pemandi Jenazah

Kamis, 22 Februari 2024 | 07:10

Jagat sinema Indonesia kembali kedatangan film horor bertajuk Pemandi Jenazah garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill