Connect With Us

Lewat Persami Wapres Ma'ruf Amin Dorong Produk UMKM Halal Tembus Pasar Dunia

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:49

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin membuka Munas Persami di Istana Wapres, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin menginginkan agar produk UMKM halal nasional bisa dijual di pasar luar negeri.

Karena itu, Wapres meminta Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) untuk aktif mendorong akselerasi sertifikasi halal utamanya bagi produk pangan halal yang dihasilkan oleh UMKM. 

"Persami memiliki kesempatan besar untuk menggerakkan UMKM pangan halal nasional, agar mampu menembus pasar global. Saya kira ini sudah saya dengar menjadi bagian dalam program Persami," katanya saat membuka Munas Persami di Istana Wapres, Jakarta, Selasa 11 Oktober 2022.

Persami juga diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat terkait pentingnya gaya hidup halal dan memberikan contoh bagi masyarakat, dalam menggunakan produk-produk halal buatan dalam negeri khususnya UMKM.

"Pemulihan ekonomi nasional yang kita upayakan seyogyanya dilakukan secara inklusif, mencakup penguatan kemitraan dengan UMKM, sehingga UMKM kita bangkit lebih kuat. Semakin kompetitif dan berkembang di pasar yang lebih luas," ungkap Wapres.

Wapres juga meminta Persami terus menghidupkan semangat kewirausahaan Indonesia utamanya di kalangan pemuda, dengan mendorong perubahan mindset mereka agar semakin banyak yang berminat menjadi pengusaha-pengusaha sukses dan inovatif.

"Jadi tidak berlomba-lomba untuk menjadi pegawai saja," ucapnya.

Adapun peran Persami, sebagai penggerak ekonomi dan bisnis akan berdampak pada isu-isu sosial kemasyarakatan, karena bertumbuhnya ekonomi akan mengatasi kemiskinan berserta berbagai dampak lainnya.

Karena itu, diharapkan Munas dapat menjadi momentum untuk mengukuhkan kerja sama para saudagar Muslimah Indonesia bersama-sama seluruh pemangku kepentingan, dapat menggerakkan denyut perekonomian nasional khususnya ekonomi syariah, memperkuat pemberdayaan umat.

"Agar tercapai kesejahteraan yang berkeadilan," pungkas Wapres.

Sementara itu, Siti Nur Azizah Ma’ruf yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum DPP Persami periode 2022-2026, bertekad mengembangkan agro industri pangan untuk menyambut Indonesia sebagai pusat halal dunia.

Menurutnya, Persami lahir dan berdiri sebagai wadah perempuan Muslimah Indonesia dalam mengembangkan diri melalui tema persaudagaran. 

"Melalui Persami, kami ingin menunjukkan ketangguhan Muslimah Indonesia," tegas Azizah yang juga putri Wapres tersebut.

Dengan mengembangkan slogan perjuangannya, yakni go halal dan go global, Persami ingin menggerakkan Muslimah sebagai benteng ekonomi umat.

Perempuan-perempuan tangguh di bawah Persami akan diarahkan untuk mengembangkan agro industri pangan halal dan serat dari hulu hingga ke hilir.

"Persami juga bertekad mengembangkan literasi halal bagi masyarakat. Bahwa halal bukan sekedar syar’i tapi juga best quality. Persami juga akan menciptakan sumberdaya manusia Indonesia yang handal untuk menyambut Indonesia sebagai pusat halal dunia," imbuhnya.

Sebelum dikukuhkan, Persami telah melakukan ekspor perdana sebanyak 12.000 tanaman hias ke Turki. Persami mengorganisir petani, melakukan penguatan bagi saudagar Muslimah untuk berkiprah dan melakukan penggalangan modal usaha, untuk membantu pergerakan ekonomi rakyat di bawah sana. 

"Alhamdulilah, Turki memberikan kuota ke Persami untuk mengirimkan tanaman hias hingga 5.000.000 tanaman pada tahun ini. Setelah dari Turki, kami akan bergeser ke Oman, lalu ke berbagai negara lainnya. Jadi semangat go halal, go global bukan sekedar isapan jempol semata," paparnya.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

BISNIS
Butuh Modal Usaha? Caturnusa Sejahtera Finance Siap Membantu

Butuh Modal Usaha? Caturnusa Sejahtera Finance Siap Membantu

Kamis, 23 Mei 2024 | 22:29

Dalam mengembangkan sebuah bisnis tentunya membutuhkan tambahan modal untuk menjalankan operasional. Untuk menjawab persoalan tersebut banyak pelaku usaha yang mencari pinjaman ke pihak perbankan atau perusahaan pembiayaan.

KAB. TANGERANG
4 Pria Ini Sengaja Datang ke Tangerang Jadi Curanmor, Sindikat dari Sumatera

4 Pria Ini Sengaja Datang ke Tangerang Jadi Curanmor, Sindikat dari Sumatera

Jumat, 24 Mei 2024 | 18:14

Polresta Tangerang menangkap empat pelaku pencurian motor (curanmor) yang kerap beraksi di wilayah Tangerang. Mereka merupakan sindikat yang berasal dari wilayah Sumatera.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill