Connect With Us

Gubernur Sulteng Dua Periode Maju Sebagai Wakil

| Rabu, 30 Maret 2011 | 23:02


NUSANTARA-Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dua periode, HB Paliudju kembali maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng untuk ketiga kalinya sebagai wakil gubernur, mendampingi anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI-P, Rendi Lamajido.
 
“HB Paliudju kembali maju sebagai wakil (gubernur) mendampingi Rendi Lamajido, karena Paliudju telah menjabat selama dua periode," ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek di Jakarta.
 
Yang menarik, pasangan ini diusung oleh PKPI dan PDS. Padahal Paliudju sebelumnya diusung oleh PDI-P. Begitu juga Rendi yang anggota DPR dari Fraksi PDI-P.
 
Walaupun tidak dilarang, akan tetapi, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berulang kali menyatakan majunya kepala daerah ketiga kalinya sebagai wakil ini dirasakan kurang tepat, seperti yang akan dilakukan HB Paliudju.
 
Salah satu alasannya adalah loyalitas staf dan pegawai akan lebih kepada wakilnya, sebab wakilnya telah berkuasa selama sepuluh tahun lebih.
 
Bahkan, Gamawan juga telah menegaskan akan mengatur pelarangan tersebut dalam Rancangan UU Pemmilihan Umum Kepala Daerah, dengan menegaskan bahwa wakil kepala daerah merupakan satu kesatuan lembaga dengan kepala daerah, sehingga tidak ada lagi tafsir yang memperbolehkan para kepala daerah maju kembali menjadi wakil setelah habis dua periode.
 
“Pemilukada ini menarik, karena hanya Ahmad Yahya cagub yang bukan berasal dari suku Kaili. Empat cagub lainnya sama-sama Kaili. Kemendagri juga akan memberi perhatian kepada Pilkada Sulteng ini, karena semua yang maju adalah orang yang sangat berpengalaman,” imbuh pria yang kerap disapa Dony ini.(DRA)
 
 

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill