Connect With Us

Kunjungi GITET di Pedan Jateng, Dirut PLN Tekankan Pentingnya Infrastruktur Kelistrikan Jelang Lebaran 2024

Fahrul Dwi Putra | Senin, 8 April 2024 | 15:03

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengunjungi Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Pedan, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu, 6 April 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo melakukan pengecekan infrastruktur kelistrikan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Pedan, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu, 6 April 2024.

Pengecekan infrastruktur ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan PLN untuk menghadapi lebaran tahun ini di wilayah Jawa-Madura-Bali.

Darmawan menjelaskan pentingnya jaringan transmisi dan distribusi sebagai kontrol utama arus listrik, memastikan pasokan listrik aman dan andal bagi masyarakat. 

Selain itu, Petugas PLN di GITET Pedan harus siap siaga 24 jam untuk memantau aliran listrik melalui jaringan transmisi dan distribusi seperti GITET Pedan.

"Kenapa Gardu Induk (Pedan) ini penting? Karena ini menyambung aliran listrik 500 kV dari Paiton disambung di Pedan, dari sini diteruskan ke Barat di Kesugihan yang nanti akhirnya juga sampai ke Jakarta," ujar Darmawan.

Sejak jauh hari, kata Darmawan, PLN telah melakukan berbagai pemeriksaan dan pemeliharaan sistem, termasuk inspeksi menyeluruh, pembersihan area sekitar jaringan listrik, dan patroli rutin untuk menjaga kondisi jaringan listrik.

Tak hanya itu, PLN melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus berupa kamera jarak jauh untuk mendeteksi apabila terdapat kerusakan pada peralatan di Gardu Induk, serta melakukan perawatan rutin untuk memastikan kondisi Trafo dan Gardu Induk selalu prima.

Darmawan menegaskan peran Gardu Induk Pedan memiliki andil sangat krusial dalam menyalurkan listrik dari pembangkit ke rumah warga, terutama dalam mendukung mudik tahun ini.

"Infrastruktur di sini memegang peranan penting untuk memasok wilayah seperti Yogyakarta, Solo, Sragen, Wonogiri dan sistem Jawa di mana sebagai destinasi utama mudik tahun ini," kata Darmawan.

Dijelaskan Darmawan, PLN memperkuat instalasi untuk memastikan keandalan listrik dengan menyiapkan 1.731 genset, 735 Uninterruptible Power Supply (UPS), 1.206 Unit Gardu Bergerak (UGB), 188 Unit Kabel Bergerak (UKB)/Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB), 19 unit Trafo mobile, 33 ERS standby, 395 crane, 3.756 mobil dan 3.318 sepeda motor operasional.

Untuk mendukung pengoperasian infrastruktur, PLN juga menyiagakan 81.591 personil siaga yang tersebar di 2.766 posko seluruh Indonesia. 

Di akhir kunjungan, Darmawan menyampaikan apresiasi kepada petugas PLN di lapangan yang bertugas untuk memastikan ketersediaan listrik yang aman dan andal bagi masyarakat Indonesia selama perayaan Lebaran.

"Untuk para petugas PLN di lapangan, saya ucapkan selamat bertugas. Ini merupakan ibadah yang kita lakukan demi masyarakat," pungkasnya.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
400 Nelayan di Pakuhaji Tangerang Dapat Bantuan Fasilitas Penangkapan Ikan

400 Nelayan di Pakuhaji Tangerang Dapat Bantuan Fasilitas Penangkapan Ikan

Rabu, 1 Mei 2024 | 19:36

Ratusan nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang mendapat bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan dari pemerintah daerah setempat.

NASIONAL
Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Polisi Kerahkan 3.454 Personel Amankan Demo Buruh Hari Ini

Rabu, 1 Mei 2024 | 08:04

Sebanyak 3.454 personel personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa sejumlah massa dari kalangan buruh dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill