Connect With Us

KPU Harus Meminimalisir Permasalahan DPT Tangsel

| Rabu, 25 Agustus 2010 | 10:41

Jazuli Abdilah (facebook / dira)

 
 
Penulis A JAZULI ABDILLAH
Pemerhati Politik Pemerintahan/ mantan KPU Kota Tangerang
 
 
TANGERANGNEWS-Melihat suhu politik pada Pemilukada Kota Tangsel yang makin memanas. KPU Tangsel  sebagai penyelenggara harus terus memperkokoh integritas dan independensinya di  tengah sorotan publik. Salah satunya adalah dengan menghindari kontak fisik  secara informal dengan para calon wali kota dan wakil wali kota, tim sukses, dan  partai politik.
 
Kecuali pelayanan formal yang dilakukan secara adil dan  proporsional terhadap semua kontestan. Lalu, sebagai lembaga yang bersifat  “legal administratif” KPU harus benar-benar memperkuat basis hukum (aturan) dalam setiap keputusan dan kebijakan yang diambil sekecil apapun, termasuk dalam  melakukan perubahan-perubahan jadwal dan tahapan Pemilukada yang telah dibuat  dan terpublikasikan kepada masyarakat.
 
Serta, KPU harus mampu meminimalisasi  permasalahan yang akan muncul seputar Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar  Pemilih Tetap (DPT) dengan mengoptimalkan sosialisasi mendorong partisipasi  masyarakat agar menjadi pemilih.
 
Hal ini bisa bekerjasama dengan berbagai pihak  termasuk dengan para calon dan tim suksesnya serta partai politik. Ini dalam  rangka mengurangi gugatan hukum di kemudian hari, karena dari berbagai konflik  dan kerusuhan Pemilukada selalu diakibatkan oleh persoalan Daftar Pemilih.   Makanya sejak awal parpol pengusung para calon perlu dilibatkan.(*)

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill