Connect With Us

5 Referensi Desain Rumah Budget Rp100 Jutaan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 11 Oktober 2022 | 21:32

Desain rumah minimalis. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Membangun rumah dengan budget Rp100 juta sangatlah memungkinkan. Pasalnya rata-rata harga pembangunan rumah berada di kisaran Rp3 juta/m2. Jumlah tersebut sudah termasuk ongkos upah tenaga kerja beserta material yang dibutuhkan.

Interior Expert Pinhome Shania Tahir mengatakan, biasanya bangunan Rp3 juta/m2 memiliki spesifikasi fondasi pasangan batu kali, dinding tembok batu bata plester aci finish cat, plafon gypsum rangka kayu atau hollow, lantai keramik, dan atap genteng rangka baja ringan. 

"Juga sudah termasuk ongkos tenaga kerjanya,” katanya, Selasa 11 Oktober 2022.

Shania menuturkan ukuran rumah yang bisa dibangun dengan budget Rp100 juta dengan harga rata-rata Rp3 juta/m2 yakni luas bangunan yang bisa dibangun sekitar 34 m2, dengan variasi ukuran bangunan mencakup 4m x 8m = 32 m2, 5m x 7m = 35 m2, 6m x 6m = 36 m2, dan 7m x 5m = 35 m2.

Shania juga membeberkan sepuluh desain rumah yang dapat dibangun dengan bermodalkan Rp100 juta saja, sebagai berikut:

 

1. Rumah Kubus Minimalis

Saat ini, rumah jenis ini memiliki ciri khas rumah modern, di mana desainnya tergolong murah. Meski dengan budget kecil, tapi tampilannya cukup untuk tetap mempertahankan kesan modern.

Kelebihan lainnya yakni karena kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar, apabila lahan yang dimiliki ukurannya tidak terlalu luas, maka pemilik hunian bisa mengaplikasikan model rumah murah yang satu ini.

 

2. Rumah Kontainer Minimalis

Rumah kontainer minimalis memang telah banyak digunakan terutama di luar negeri dikarenakan harganya lebih murah dibandingkan membangun rumah menggunakan dinding.

Meskipun menggunakan kontainer sebagai rumah, pemilik rumah tetap bisa mendesainnya sebagus mungkin agar memiliki tampilan yang cantik dan elegan.

Pemilik rumah bisa menambahkan jendela dan pintu dari kaca yang akan menambah kesan minimalis pada rumah. Tidak hanya itu, penggunaan kaca pada pintu juga memudahkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sehingga rumah mendapatkan pencahayaan alami yang cukup.

 

3. Rumah Kotemporer

Shania menuturkan rumah jenis ini dapat menjadi pilihan sebagai desain rumah dengan budget minim. Rumah kontemporer adalah desain rumah yang sedang banyak digunakan saat ini. Rumah ini memiliki bentuk yang sederhana dengan garis-garis yang geometris. 

Selain itu, rumah kontemporer umumnya dirancang dengan menggunakan gaya modern. Rumah ini memiliki tampilan yang modern dengan detail yang sangat inovatif.

Terlebih, desain rumah ini juga bisa diaplikasikan pada lahan yang tidak terlalu luas karena tidak banyak membuang lahan yang ada.

Rumah kontainer ini memiliki sejumlah keunggulan seperti praktis dan budget yang dibutuhkan juga minim. Dilihat dari sisi interiornya sangat memungkinkan untuk dilengkapi guna memberikan sisi kenyamanan.

“Memang keunggulan dari rumah kontainer adalah praktis dan murah, tapi jangan takut. Dari sisi kenyamanannya kita bisa buat senyaman mungkin dengan dilengkapi plafon, furniture, dan lantainya bisa diganti juga pakai lantai kayu, vinyl, bahkan keramik. Asalkan nggak terlalu berat kaya marmer,” tambah Shania.

 

4. Rumah Minimalis ala Jepang

Rumah jenis ini bisa menjadi pilihan dengan budget Rp100 juta saja. Pemilik rumah bisa membangun rumah dengan desain ala Jepang, yaitu menggunakan unsur kayu pada dinding dan lantai. Pilihan kayunya pun dapat disesuaikan dengan budget yang ada.

Kemudian pada bagian dalam rumah, pemilik bisa menggunakan pintu yang terbuat dari panel atau papan kayu yang senada dengan kayu lain yang digunakan pada rumah. Penambahan batu-batu kerikil pada akses jalan pagar utama menuju pintu rumah akan menambahkan kesan rumah-rumah tradisional Jepang.

 

5. Rumah A-Frame House

Desain rumah ini memiliki rangka menyerupai huruf A dengan menampilkan sisi miring roofline hingga menyentuh garis pondasi. Rumah ini mirip seperti tempat kemah untuk anak-anak, hanya saja bentuknya lebih besar dan disertai dengan konstruksi bangunan yang kuat.

Material yang digunakan pada rumah yang satu ini pun sangat beragam, mulai dari menggunakan bahan kayu, logam, hingga menggunakan dinding kaca, yang tentunya akan membuat pencahayaan alami lebih mudah masuk ke dalam rumah. 

Demikian rekomendasi jenis hunian ber-budget Rp100 juta yang dapat dijadikan inspirasi. Sebagai informasi, Pinhome merupakan penyedia layanan properti berbasis website dan aplikasi.

Pinhome juga rutin menggelar webinar edukasi berupa properti, finansial, dan gaya hidup lewat serangkaian acara Property Academy yang rutin digelar setiap minggunya dengan menghadirkan property expert dan pembicara-pembicara berkompeten di bidangnya.

Selain webinar rutin, Property Academy juga menyediakan komunitas di mana anggotanya dapat berdiskusi dan berkonsultasi langsung dengan property expert Pinhome. Untuk informasi lebih lanjut, silakan bergabung di Telegram Komunitas Property Academy: https://t.me/pinhomeacademygroup atau kunjungi https://click.pinhome.id/GabungPropertyAcademy.

PROPERTI
Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:08

Paramount Petals, pengembang kota mandiri seluas 400 hektar di Curug, Kabupaten Tangerang, kembali menghadirkan hunian premium terbarunya.

KAB. TANGERANG
Pemotor Tewas Terlindas Truk di Pasar Kemis Tangerang, Sopir Kabur ke Kantor Polisi

Pemotor Tewas Terlindas Truk di Pasar Kemis Tangerang, Sopir Kabur ke Kantor Polisi

Rabu, 24 Juli 2024 | 11:16

TANGERANGNEWS.com-Seorang pengendara motor berinisial BH, 31, tewas mengenaskan akibat terlindas truk di Jalan Raya Pasar Kemis, tepatnya depan proyek Suvarna Sutera, Desa Sindang Panongan, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang,

BANDARA
Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Mahasiswi Korsel Kepergok Selundupkan 94 Reptil di Bandara Soetta

Jumat, 19 Juli 2024 | 19:28

Seorang mahasiswa asal Korea Selatan (Korsel) ditangkap karena berupaya menyelundupkan sebanyak 94 ekor reptil dari Indonesia ke negara asalnya, melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill