Connect With Us

Jangan Anggap Enteng, Ini 5 Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 17 Mei 2023 | 10:43

Ilustrasi Olahraga. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Tubuh manusia dirancang untuk bergerak, dan ketika kita tidak memberikan cukup aktivitas fisik, berbagai tanda dan gejala dapat muncul. 

Terdapat beberapa hal yang dapat diidentifikasi sebagai tanda bahwa tubuh Anda membutuhkan olahraga. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, maka sudah waktunya untuk mempertimbangkan untuk memasukkan rutinitas olahraga ke dalam hidup Anda.

1. Kelelahan yang berkepanjangan

Salah satu tanda yang paling jelas bahwa tubuh Anda membutuhkan olahraga adalah kelelahan yang berkepanjangan. Jika Anda merasa lelah bahkan setelah beristirahat yang cukup, mungkin tubuh Anda kekurangan kebugaran dan energi. 

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan dan stamina Anda, sehingga mengurangi kelelahan yang berkepanjangan.

2. Berat badan yang tidak sehat

Kenaikan berat badan yang tidak sehat atau sulit menurunkan berat badan adalah tanda lain bahwa tubuh Anda membutuhkan olahraga. 

Olahraga membantu membakar kalori, mempercepat metabolisme, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat. Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan berat badan Anda, menambahkan rutinitas olahraga yang teratur dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

3. Kurangnya fleksibilitas dan kekuatan otot

Jika Anda merasa kaku dan kurang fleksibel, serta tidak memiliki kekuatan otot yang memadai, maka tubuh Anda membutuhkan olahraga. Olahraga seperti peregangan, yoga, atau latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot Anda. 

Dengan rutinitas olahraga yang tepat, Anda akan merasakan peningkatan dalam rentang gerakan dan kemampuan fisik Anda.

4. Stres dan ketegangan emosional

Olahraga tidak hanya menguntungkan fisik, tetapi juga dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan emosional. Jika Anda merasa tegang, cemas, atau mudah marah, tubuh Anda membutuhkan olahraga. 

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi stres.

5. Masalah tidur

Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak, mungkin tubuh Anda membutuhkan olahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dengan mengatur ritme sirkadian tubuh Anda dan membantu Anda merasa lebih rileks.

Namun, penting untuk menghindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat meningkatkan kegiatan tubuh Anda dan membuat Anda sulit tidur.

Perlu dicatat, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda yang telah disebutkan sebelumnya, penting untuk memulai dengan langkah-langkah kecil dan konsisten. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau memiliki batasan fisik.

Anda dapat memilih olahraga yang Anda nikmati, seperti berjalan cepat, bersepeda, berenang, atau bergabung dengan kelas kebugaran. Penting untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan kebugaran dan tingkat kenyamanan Anda. Beri diri Anda waktu untuk beradaptasi dan tidak terlalu memaksakan diri pada awalnya. Meningkatkan intensitas dan durasi olahraga secara bertahap akan membantu mencegah cedera dan menjaga motivasi Anda tetap tinggi.

TANGSEL
Aniaya dan Sekap Pacar di Pondok Aren Tangsel, Pria Ini Diburu Polisi

Aniaya dan Sekap Pacar di Pondok Aren Tangsel, Pria Ini Diburu Polisi

Sabtu, 15 Juni 2024 | 15:18

Seorang pria diburu aparat Polsek Pondok Aren, Polres Tangerang Selatan (Tangsel) usai dilaporkan menganiaya dan menyekap pacarnya.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

HIBURAN
D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

D’Masiv Bakal Tampil di Peluncuran Maskot Pilkada Kota Tangerang, Cek Jadwal dan Lokasi Parkirnya

Jumat, 14 Juni 2024 | 14:50

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang akan meluncurkan Jingle, Maskot dan Tagline dalam rangka memeriahkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, Jumat 14 Juni 2024.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill