Connect With Us

Rumah Kosong di Tangsel Rawan Kebakaran

| Kamis, 25 Juli 2013 | 21:06

ilustrasi Kebakaran (tangerangnews / tangerangnews/rangga)

Reporter : Bastian
 
TANGSEL-Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangsel menghimbau warga yang pulang kampung untuk mematikan listrik saat arus mudik lebaran. Lantaran, kebakaran di wilayah Tangsel didominasi saat rumah dalam keadaan kosong  (rumsong) didominasi hubungan arus pendek atau  korsleting listrik. 
 
Pada 2012  Dinas Kebakaran mencatat ada 56 kasus kebakaran. Sementara hingga pertengahan  Juli 2013 terjadi 27 kebakaran dengan total  kerugian mulai Rp 30 juta hingga Rp 2 miliar.
 
Kepala Damkar Kota Tangsel Azhar Syamun mengaku,  guna mengantisipasi terjadi kebakaran saat arus  mudik lebaran, pihaknya sudah mengirimkan surat  ke Kecamatan, Kelurahan hingga RT/RW yang  berisi agar warga yang mudik lebaran untuk  melaporkan ke RT masing-masing. Langkah itu dilakukan agar saat terjadi sesuatu yang tidak  diinginkan  bisa langsung dikoordinasikan. 
 
“Jadi saat terjadi sesuatu bisa langsung  diambil upaya antisipasi,” ucapnya, Kamis (25/7).
 
Dikatakannya rumsong rentan terjadi kebakaran lantaran banyak pemilik rumah yang sering lalai dengan tidak mencabut peralatan listrik saat hendak pulang kampung. Kondisi ini yang membuat banyak kasus  kebakaran. “Umumnya karena arus pendek,” katanya.  
 
Untuk menghindari hal tersebut, dirinya mengimbau agar warga saat pulang kampung segala perlengkapan rumah tangga yang menggunakan listrik dalam posisi aman saat ditinggalkan. “Selain itu kita juga meminta warga yang pulang  kampung untuk memberikan nomor kontak ke masing-masing RT,” katanya.
 
Selama arus mudik, kata dia, pihaknya siaga  24 jam dengan menyiapkan enam kendaraan, terdiri dari dua kendaraan berkapasitas 5.000 liter air, tiga kendaraan berkapasitas 3.000 liter air, satu mobil patroli, dan 24 petugas.  “Jadi selama mudik ini Damkar tetap siaga,” urainya.(MR) 
KAB. TANGERANG
Perumahan Grand Harmoni 2 Balaraja Tangerang Kebanjiran, Warga: Ini Paling Parah

Perumahan Grand Harmoni 2 Balaraja Tangerang Kebanjiran, Warga: Ini Paling Parah

Senin, 29 April 2024 | 23:00

Banjir melanda Perumahan Grand Harmoni 2 di Desa Bunar, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Senin 29 April 2024.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

NASIONAL
Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Senin, 29 April 2024 | 18:31

PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital dan pengembangan teknologi sistem kelistrikan seiring dengan langkah transisi energi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill