Connect With Us

88 Pembantu Disekap, Dinsosnaker Diminta Perteketat Pengawasan

Bastian Putera Muda | Senin, 21 Oktober 2013 | 14:29

Sugeng Santoso (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGSEL-DPRD Kota Tangsel meminta kepada Pemkot Tangsel khususnya Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk memperketat pengawasan terhadap perusahaan penyedia jasa pembantu rumah tangga. 
 
Hal ini untuk mengantisipasi tidak lagi terjadi kembali kasus penyekapan oleh PT. Citra Kartini Mandiri (CKM) di Bintaro beberapa waktu lalu. 
 
Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel Sugeng Santoso mengatakan pengawasan tersebut untuk mengantisipasi pekerja dibawah umur. Di PT. CKM mempekerjakan PRT 13 anak dibawah umur.
 
"Sebelum penggerebekan kami bersama Dinsosnakertrans sudah meninjau lokasi PT. CKM. Dan memang perizinannya sudah lengkap," katanya.
 
Menurutnya, di Kota Tangsel terdapat sekira 20 perusahaan yang bergerak di bidang penyedia tenaga kerja rumah tangga. Dari 20 perusahaan, sebagian merupakan perusahaan kecil.
 
"Kalau PT. CKM melatih ratusan PRT yang kebanyakan putus sekolah," ucapnya.
 
Kata dia, selain memperketat pengawasan, Dinsosnaker juga diminta untuk menginventalisir dan memperkuat data base perusahaan jasa tenaga kerja PRT.  
 
"Kami juga menyayangkan adanya kejadian tersebut," ujar politisi Demokrat itu.
 
Sebelumnya, calon PRT yang ditampung di Yayasan Citra Mandiri Kartini di Jalan Kucica JF 18/17 Sektor IX Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel mengaku diperlakukan tidak layak dan mendapat penganiayaan.
 
 
Sementara itu, perusahaan penyedia tenaga kerja PRT PT. Citra Kartini Mandiri (CKM) ternyata tidak tercatat di Disnakertrans Kota Tangsel.
 
Hal tersebut dilontarkan Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie. Dia menyatakan jika PT CKM terbukti melakukan tindak pidana izin operasionalnya bakal dibekukan. 
 
"Kalau memang terbukti akan kami bekukan karena sudah melanggar aturan," tegasnya, Senin (21/10).
 
Kata dia, Pemkot merasa kebobolan dengan adanya penggerebekan perusahaan penyalur PRT tersebut.
 
"Memang tidak ada laporan ke kita (Pemkot Tangsel)," katanya.
 
Kabid Pengawasan Disnakertrans Kota Tangsel Malikin menegaskan jika perusahaan Penyedia tenaga kerja PRT PT. CKM ilegal atau tidak tercatat di Disnakertrans setempat.  
 
"Belum tercatat memang dan tidak ada laporannya ke Disnaker," ucapnya.‎
NASIONAL
Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Jalin Kerja Sama dengan Huawei, PLN Perkuat Fondasi Teknologi Ketenagalistrikan Digital 

Senin, 29 April 2024 | 18:31

PT PLN (Persero) terus melakukan transformasi perusahaan berbasis digital dan pengembangan teknologi sistem kelistrikan seiring dengan langkah transisi energi.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

TANGSEL
Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Pemotor Tewas Tabrak Dump Truk Parkir di Pinggir Jalan Setu Tangsel

Senin, 29 April 2024 | 14:54

Seorang pemotor tewas di tempat usai menabrak dump truk yang sedang parkir di pinggir Jalan Raya Taman Tekno Widya, Kelurahan Setu, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill