Connect With Us

Sambut Imlek, Vihara di Tangsel Bersih-bersih Puluhan Patung

Yudi Adiyatna | Rabu, 30 Januari 2019 | 13:42

Kegiatan bersih-bersih di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019). (TangerangNews/2019 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Menjelang Tahun Baru Imlek, umat Tionghoa melaksanakan pencucian puluhan patung yang berada di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan membersihkan patung atau rupang Buddha ini merupakan tradisi bagi setiap umat Tionghoa menjelang tahun baru Imlek yang biasanya dilaksanakan seminggu sebelumnya. 

"Ini tradisi setiap tahun diadakan mejelang tahun baru Imlek. Biasanya dimulai satu minggu sebelum Imlek kalau kita (umat tionghoa) dibilangnya tanggal 24 bulan 12. Setiap vihara membersihkan rupang-rupang yang ada," jelas Frankie Sibbald, pengawas Vhihara Kwan In Thang, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan bersih-bersih di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Terdapat sekitar 50 rupang yang dibersihkan, meliputi beberapa rupang yang dikenal umat Tionghoa dan Buddha. 

"Kebetulan di kita viharanya, itu Vihara Buddha, jadi ada Sakyamuni Buddha, Bhaisajyaguru Buddha, Amitabha Buddha, Kwan In Phu Sa, sama Dewa Pelindung Dhamma," ungkapnya.

Pencucian rupang yang dilakukan oleh umat Tionghoa ini memiliki makna yang sangat baik, yakni sebagai pembersihan diri. 

"Sebetulnya makna dari cuci rupang ini itu sebagai refleksi diri setiap umat, membersihkan dirinya sendiri, merenung apa saja kesalahan yang kita perbuat di tahun ini. Jadi membersihkan diri sendiri," beber Frankie.

Dalam Tahun Baru Imlek kali ini, merupakan pergantian tahun Anjing ke tahun Babi. Tentunya setiap umat Tionghoa mempunyai harapan dipergantian tahun baru Imlek tersebut.

"Kalo babi biasanya membawa keberkahan untuk semua ya sesuai dengan harapan kita semua lah, membawa berkah, membawa damai, serta membawa sejahtera untuk semua umat manusia," tukasnya.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Tangerang untuk Senin 29 April 2024

Senin, 29 April 2024 | 06:04

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan untuk wilayah Tangerang pada Senin, 29 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill