Connect With Us

Lahan TPA Cipeucang Tangsel Bertambah, Landfill 3 Kini Mulai Dioperasikan

Rachman Deniansyah | Kamis, 2 Desember 2021 | 14:00

Lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang terletak di Jalan Kapling Nambo, Serpong, Tangerang Selatan (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang yang terletak di Jalan Kapling Nambo, Serpong, Tangerang Selatan, bertambah seluas hampir satu hektare. 

Sehingga, jumlah titik penumpukkan sampah atau landfill di TPA Cipeucang semakin luas dan kini berjumlah menjadi tiga area, yang kemudian disebut sebagai landfill 3. 

Perluasan lahan pada Landfill 3 tersebut merupakan hasil bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Kota Tangsel.

"Sekarang kita sudah mulai dipakai landfill 3 ini, sudah serah terima. Ini adalah bantuan dari PUPR, selain itu juga ada ekskavator yang juga akan dikirim," ujar Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan di TPA Cipeucang, Serpong, Tangsel, Kamis, 2 Desember 2021. 

Dengan bantuan ini, ia berharap agar volume sampah yang diproduksi di Tangsel ini dapat tertampung seluruhnya. Sambil menunggu kerja sama terkait pembuangan sampah di wilayah Nambo, Kabupaten Bogor. 

"Sekarang itu kan 400 ton-an sehari (di TPA Cipeucang). Itu sifatnya sementara, karena kita lagi penjajakan juga sama Nambo, untuk bagaimana sampah dibuang ke sana. Jadi nanti di sini untuk transit saja," katanya. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Toto Sudarto memaparkan, area landfill 3 ini memiliki luas sekitar 0,8 hektare. 

"Untuk luasnya itu sekitar 8.600 meter persegi," papar Toto di lokasi yang sama. 

Dengan perluasan lahan tersebut, pihaknya bakal mampu menampung sampah yang dihasilkan di Tangsel hingga setahun ke depan. 

"Untuk kapasitasnya Insya Allah bisa dipakai setahun ke depan. Rata-rata seharinya 400 ton. Sambil kita tunggu PLTSA. Mudah-mudahan doakan saja ya, dukung kami untuk wujudkan itu," pungkasnya.

SPORT
Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Turnamen Voli PLN Mobile Proliga 2024 Resmi Dimulai

Sabtu, 27 April 2024 | 18:58

Salah satu turnamen voli paling bergengsi, PLN Mobile Proliga 2024 resmi dimulai, di GOR Amongrogo, Yogyakarta pada Kamis, 25 April 2024.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill