Connect With Us

Wuih, Panwaslu Tangsel Gandeng Mahasiswa

| Jumat, 4 Februari 2011 | 16:59

Ketua Panwaslu Tangsel Sarono Budiharjo saat menjelaskan kepada para demostran. (tangerangnews / dira)



TANGERANGNEWS-Panwaslu Tangsel membuka formulir bagi para mahasiswa di kota pemekaran Kabupaten Tangerang itu untuk berperan serta aktif dalam mengawasi pemungutan suara ulang (PSU) pemilukada Tangsel. Jumlah pengawas lapangan yang berasal dari mahasiswa diharap mencapai 1.890 orang, sama seperti jumlah TPS di Tangsel.

Demikian yang dikatakan Sarono Budihardjo, Ketua Panwaslu Tagsel, Jumat (4/2). "Kami sudah berkirim surat kepada sembilan universitas di Tangsel, untuk menjalin kerjasama. Formulir pendaftaran bagi pengawas lapangan itu kami bukan mulai 4 - 15 Februari," ucapnya.

Kesembilan universitas itu adalah UIN Ciputat, UMJ, Unpam, STAN, STIKES, ITI, BSI, UT, dan STP Sahid.. "Formulir pendaftaran selain di sekretariat Panwaslu Tangsel, juga bisa di BEM masing-masing universitas," tandasnya.

Menurut Sarono, pengerahan mahasiswa dalam jumlah besar dalam mengawasi PSU adalah sebagai bentuk konkret respon Panwaslu Tangsel atas permintaan Komisi I DPRD Provinsi Banten dan Bawaslu. "Katanya supaya pengawasan itu optimal, tiap TPS harus ada satu orang pengawas Panwaslu. Maka kami gandeng mahasiswa, karena mereka kami anggap cukup netral," ucapnya.

Para mahasiswa itu kata Sarono akan dibayar Rp 150.000/orang. Pada saat menjalani tugasnya, mahasiswa itu juga dilengkapi, surat tugas, topi, buku panduan, dan jaket dari masing-masing almamater. Jumlah pengawas PSU lebih banyak dibandingkan saat pemilukada pertama, 13 November 2010, yang mencapai 1.000 orang. "Mudah-mudahan dengan jumlah yang lebih banyak ini, fungsi pengawasan lebih baik sehingga hasil PSU juga lebih baik," tandas Sarono.

Sebuah organisasi kemasyarakatan, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Tangsel, juga menyatakan niat mereka membantu Panwaslu, yakni turut sebagai pengawas. FPK mengajukan proposal kepada Panwaslu Tangsel sejak Senin (30/1) lalu.

"Kami melihat pada pemilukada pertama fungsi pegawasan kurang optimal, karena itu kami tergerak untuk bekerjasama membantu Panwaslu," kata Abba Taher, Ketua FPK Tangsel. (DIRA DERBY)


BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill