Connect With Us

Lahan TPU di Tangsel Aman

| Minggu, 17 April 2011 | 18:38

Jenazah Tjetjep Sukarta, 66, anggota Komisi II DPRD Banten yang tewas saat menghadiri rapatparipurna. (tangerangnews / dira)

 
TANGSEL-Ketersediaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di tujuh titik lokasi yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih relatif aman. Pemerintah daerah telah merencanakan perbaikan infrastruktur dan sistem pengelolaan agar tidak semerawut dan menguntungkan kas daerah dari retribusi yang berasal dari penyewa.

“Saya juga bingung. Kok dibilang lahan TPU di Tangsel sudah penuh, tapi setelah didata masih banyak lahan kosong,” ungkap Kepala Bidang Pemakaman, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel Ponco Budi Santoso, saat ditemui, Jumat (15/4) lalu.

Mantan Sekretaris Kecamatan Ciputat Timur itu menjelaskan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya. Dari tujuh TPU yang ada dengan luas lahan mencapai 53.832 meter persegi. Masih mampu menampung sedikitnya 12.098 jenazah warga Kota Tangsel yang meninggal.
Menurut Ponco, wacana yang berkembang ditengah masyarakat tersiar Kota Tangsel telah mengalami krisis lahan TPU. Hal itu disebabkan kecenderungan warga masih memilih TPU Pondok Benda, Pamulang ketimbang tempat lainnya. Dikarenakan kondisi dan luas area lahan ditempat tersebut lebih baik dan luas.
 
“Penuh,  karena masyarakat konsentrasi ke Pondok Benda saja. Padahal TPU diwilayah lainnya masih banyak yang kosong. Ketersediaan lahan TPU masih aman paling tidak untuk 10 tahun ke depan,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan perombakan sistem pengelolaan TPU yang menjadi aset pemerintah daerah. Karena selama ini masih dikelola oleh empat orang pengurus di setiap TPU dan berasal dari warga sekitar. Namun, selama ini tidak dapat berjalan dengan baik.Selain tidak menghasilkan kas daerah dari retribusi yang diperoleh penyewa lahan. (DRA)

HIBURAN
Alasan Ria Ricis dan Teuku Ryan Putuskan Bercerai, Gegara Ibu?

Alasan Ria Ricis dan Teuku Ryan Putuskan Bercerai, Gegara Ibu?

Selasa, 7 Mei 2024 | 09:54

Perjalanan rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan telah berada di ujungnya. Kedua pasangan ini resmi bercerai usai Pengadilan Agama Jakarta Selatan membacakan putusan cerai pada Jumat, 3 Mei 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill