Connect With Us

Teknologi Hydrodrive Incinerator Diklaim Mampu Atasi Sampah di Tangsel

Fahrul Dwi Putra | Senin, 18 Desember 2023 | 00:26

Teknologi Hydrodrive Incinerator, yang baru saja diresmikan di Intermediate Treatment Facility (ITF), Parigi Pondok Aren, Kota Tangsel. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Sampah masih menjadi permasalahan serius di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel menggunakan teknologi Hydrodrive Incinerator, yang baru saja diresmikan di Intermediate Treatment Facility (ITF), Parigi Pondok Aren, Kota Tangsel, pada Kamis, 14 Desember 2023.

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyatakan, teknologi Hydrodrive Incinerator mampu mengolah sampah dengan kapasitas mencapai 60 ton per harinya.

"Kita lihat bahwa sampah itu harus diselesaikan secara menyeluruh tanpa menimbulkan permasalahan isu-isu lingkungan lainnya," kata Pilar dalam keterangannya dikutip pada Minggu, 17 Desember 2023.

Pilar menjelaskan, Hydrodrive Incinerator merupakan teknologi yang telah tersertifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK).

Kata Pilar, teknologi ini mampu menangkap asap atau es yang ditimbulkan dari pembakaran sampah, sehingga tidak menyebabkan polusi.

Rencananya, lanjut Pilar, teknologi ini akan diimplementasikan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang dengan harapan dapat menghasilkan listrik bernilai investasi yang lebih besar sesuai dengan Peraturan Presiden no. 35 tahun 2018.

Dia berharap, masyarakat dapat turut serta berperan dalam penanganan sampah melalui pemilahan sampah. Misalnya saja, keaktifan masyarakat dalam bank sampah maupun TPS3R.

"Tadi saya sampaikan solusi itu bukan solusi permanen, tapi solusi sementara. Karena solusi permanennya itu nanti sampah dikelola di Cipeucang," pungkasnya.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Kaya Inovasi, Diskominfo Kota Tangerang Sabet Dua Penghargaan KIPP Banten 2023

Kaya Inovasi, Diskominfo Kota Tangerang Sabet Dua Penghargaan KIPP Banten 2023

Senin, 29 April 2024 | 12:25

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meraih dua penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Banten 2023.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill