Connect With Us

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 20 Mei 2023 | 12:09

Ilustrasi Instagram. (Istimewa / Istimewa)

TNGERANGNEWS.com- Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di seluruh dunia. Namun, kadang-kadang pengguna mengalami masalah saat Instagram mengalami gangguan atau tidak dapat diakses. 

Masalah tersebut timbul akibat dari berbagai hal, di antaranya ialah karena Instagram sedang down seperti yang terjadi pada Jumat, 19 Mei 2023, kemarin.

Untuk itu, terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ketika Instagram sedang down. 

Dengan mengetahui langkah-langkah ini, Anda dapat memulihkan akses ke akun Anda dan tetap terhubung dengan teman dan pengikut Anda.

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan berfungsi dengan baik. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau memiliki sinyal seluler yang kuat. 

Anda juga dapat mencoba membuka situs web atau aplikasi lain untuk mengonfirmasi apakah masalah terbatas pada Instagram atau koneksi internet Anda secara keseluruhan.

2. Coba Muat Ulang Aplikasi Instagram

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Instagram di perangkat mobile, langkah selanjutnya adalah mencoba me-restart aplikasi. Tutup aplikasi Instagram sepenuhnya dan buka kembali. 

Ini akan membersihkan cache dan mungkin membantu memperbaiki masalah sementara yang menyebabkan Instagram tidak berfungsi.

3. Periksa Status Layanan Instagram

Ketika Instagram mengalami gangguan, mereka sering memberikan pembaruan melalui akun Twitter resmi mereka @instagram. Anda dapat memeriksa tweet terbaru dari mereka untuk mengetahui apakah masalah sedang terjadi dan apakah sedang dalam proses perbaikan. 

Jika mereka melaporkan adanya masalah, maka Anda hanya perlu bersabar dan menunggu sampai mereka memperbaikinya.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus cache dan data aplikasi Instagram. Masuk ke pengaturan perangkat Anda, cari daftar aplikasi, temukan Instagram, dan hapus cache serta data. 

Setelah itu, buka kembali aplikasi Instagram dan masuk dengan akun Anda. Ini akan menghapus data sementara yang mungkin menyebabkan masalah saat menggunakan aplikasi.

5. Gunakan Versi Web Instagram

Jika Anda tidak dapat mengakses Instagram melalui aplikasi mobile, Anda selalu dapat mencoba menggunakan versi web Instagram di peramban web Anda. 

Buka peramban web favorit Anda dan kunjungi "www.instagram.com". Anda akan dapat mengakses sebagian besar fitur Instagram melalui versi web ini dan tetap terhubung dengan pengikut Anda.

6. Perbarui Aplikasi Instagram

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru aplikasi Instagram. Terkadang, masalah yang Anda hadapi dapat diselesaikan dengan menginstal pembaruan terbaru yang diberikan oleh Instagram. 

Buka toko aplikasi Anda (Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS), cari Instagram, dan perbarui aplikasi jika ada pembaruan yang tersedia.

Ketika Instagram mengalami masalah dan down, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu perbaikan dari pihak Instagram. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah dan memulihkan akses ke akun Instagram Anda.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

SPORT
Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Tingginya Nyaris 2 Meter, Tim Voli Jakarta Electric PLN Datangkan Marina Markova

Selasa, 14 Mei 2024 | 16:51

Tim bola voli putri Jakarta Electric PLN merekrut bintang muda voli dunia, Marina Markova, untuk memperkuat tim dalam lanjutan PLN Mobile Proliga 2024. Pemain dengan tinggi hampir 2 meter itu akan mengisi posisi lini serang tim.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill