Connect With Us

Sinar Mas Pakai Teknologi AI Deteksi Kerusakan Infrastruktur di Kawasan BSD City

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 21 November 2023 | 04:27

Direksi Sinar Mas Land bersama pejabat Pemerintah Kota Tangsel dan Kabupaten Tangerang melihat peta pembangunan BSD City, Senin 12 Desember 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Perusahaan properti Sinar Mas Land memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi kerusakan pada infrastruktur di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengatakan pihaknya memanfaatkan mobil patroli yang dipasang kamera, sehingga bisa mendeteksi jalan rusak sekaligus titiknya.

Tak hanya mengetahui lokasi, teknologi tersebut juga bisa membedakan tingkat kerusakannya. Dengan mengetahui kerusakan sejak awal, pihaknya bisa menghemat waktu dalam melakukan perbaikan.

"Pemanfaatan AI ini juga sekaligus digunakan untuk mengevaluasi hasil kinerja kontraktor yang mengerjakan perbaikan jalan. Kalau ada satu titik yang rusak terus, berarti ada kesalahan dalam pengerjaannya," katanya seperti dilansir dari IDX Channel, Senin 20 November 2023.

Sinar Mas juga melakukan pengembangan teknologi tersebut, dengan melibatkan berbagai global tech giant seperti Microsoft Indonesia, NTT Global, dan lainnya dalam perjalanan transformasi digital perusahaan.

Inovasi ini memang dibangun untuk menjadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Salah satu wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi kami dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur 'Tanya' dalam aplikasi OneSmile," lanjut Gani.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Waroeng Lengkong Tangsel Gelar Pameran UMKM dan Berbagai Lomba Seni Budaya

Kamis, 25 April 2024 | 01:54

Waroeng Lengkong, wadah para pelaku UMKM di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menggelar pameran produk lokal dan berbagai lomba seni budaya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill