Connect With Us

Mahasiswanya Menang Lomba Internasional, Rektor: Bukti UMT Berdaya Saing

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 31 Oktober 2022 | 17:49

Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Ahmad Amarullah saat memberikan sambutan dalam acara malam Anugerah UMT Sayembara Internasional Menulis Cerpen dan Puisi di Kampus UMT, Minggu, 30 Oktober 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com– Momentum Bulan Bahasa, MoRA Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Victoria Australia dan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) bekerja sama dengan Kantor Bahasa Provinsi Banten menggelar Sayembara Penulisan Cerita Pendek (Cerpen) dan Puisi tingkat Internasional.

Sayembara itu berlangsung sejak awal September 2022 hingga malam puncaknya yang digelar di Plaza Kampus UMT, Minggu, 30 Oktober 2022. Pada malam itu juga berlangsung pengumuman pemenang sayembara tersebut.

Informasi diperoleh, sebanyak 302 peserta mengikuti sayembara yang menyasar para mahasiswa dalam dan luar negeri, pemerhati bahasa bereputasi nasional/internasional, dan diaspora Indonesia di mancanegara.

Adapun dewan juri dalam sayembara ini tidak tanggung-tanggung, ada empat sastrawan terkenal Indonesia yang sudah bereputasi internasional yang menjadi dewan juri, yaitu Putu Wijaya, Helvy Tiana Rose, Zen Hae, dan Hanna Fransisca. 

Baca juga: Pemuda Tangerang Ini Perkenalkan Yoga Asana Hingga Juara di Fornas

Rektor UMT Ahmad Amarullah mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan sayembara yang bertujuan meningkatkan daya literasi menulis kreatif dan menginternasionalkan bahasa Indonesia melalui lomba tersebut.

Amarullah menambahkan, dari hasil penilaian dewan juri yang begitu ketat, akhirnya dinyatakan 10 pemenang terbaik untuk cerpen dan 10 terbaik untuk puisi.

“Setiap pemanang masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar USD 250, sertifikat dan plakat dari penyelenggara,” ujarnya. 

Menurut Amarullah, salah satu pemenang lomba tersebut merupakan mahasiswa pascasarjana UMT. "Bahwa mahasiswa UMT memiliki daya saing dan mampu masuk nominasi kejuaraan ini," jelasnya.

KOTA TANGERANG
Lagi Ditinggal Mudik, Rumah Ayam Potong di Karawaci Tangerang Ludes Terbakar

Lagi Ditinggal Mudik, Rumah Ayam Potong di Karawaci Tangerang Ludes Terbakar

Sabtu, 13 April 2024 | 12:40

TANGERANGNEWS.com-Satu unit rumah tempat usaha ayam potong terbakar di Jalan Teladan 1, RT03/04, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, ludes terbakar, Sabtu 13 April 2024, dini hari.

SPORT
Sempat Dipecat, Luis Edmundo Balik Jadi Pelatih Persita di Sisa Musim Liga 1 2023/2024

Sempat Dipecat, Luis Edmundo Balik Jadi Pelatih Persita di Sisa Musim Liga 1 2023/2024

Kamis, 4 April 2024 | 06:06

Sosok asal Chile, Luis Edmundo Duran kembali didapuk menjadi pelatih Persita Tangerang untuk menjalani sisa musim Liga 1 musim 2023/2024.

BANTEN
PLN Pastikan Ketersediaan SPKLU Selama Arus Balik Lebaran 2024 Aman

PLN Pastikan Ketersediaan SPKLU Selama Arus Balik Lebaran 2024 Aman

Sabtu, 13 April 2024 | 12:42

PT PLN (Persero) memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) aman dan andal untuk digunakan pada pemudik selama arus balik Lebaran 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill