Connect With Us

Lima Jenazah TKI Korban Tol Runtuh, Tiba di Bandara Soetta

| Minggu, 31 Oktober 2010 | 12:47

Lima jenazah TKI yang tewas akibat runtuhnya bangunan jalan tol di Taiwan. (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Sebanyak lima dari enam jenazah TKI korban pembangunan jembatan tol yang runtuh di Nantou, Taiwan pada 30 September lalu tiba di terminal 2D, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) , Tangerang, Banten,  Minggu ( 31/10/2010) sekitar pukul 11.53 WIB. 

Satu jenazah lainnya yaitu Ali Mansyur asal Kalirejo, Ngunggahan, Bandung, Tulungagung, Jawa Timur langsung diterbangkan ke Surabaya.

Kelima jenazah yang tiba di Bandara Soetta adalah, Suprapto asal Ngeluk, Penawangan, Grobogan. Kedua Riwanto asal Rancawiru, Pangkah, Tegal. Ketiga Sunaryo asal Kedunguter, Brebes . Keempat Sutarji asal Tunggulsari, Kaliori, Rembang dan kelima Sirmanto yang merupakan adik kandung Sutaji.

Kelima jenazah disambut Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat yang didampingi Direktur Advokasi dan Perlindungan Kawasan Asia Pasifik BNP2TKI Sadono.

Masing-masing keluarga TKI tersebut diberi santunan Rp2,5 juta ditambah santunan kemanusiaan dari perusahaan asuransi TKI Paladin melalui BNP2TKI. Bahkan, ditambah Rp5 juta dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.

"Selanjutnya, BNP2TKI akan turut mengantar para korban sampai ke daerah asal," ujar Junhur.

Menurut Jumhur, seluruh TKi korban robohnya jalan tol itu telah mendapatkan bantuan kemanusiaan dari pihak pengguna (user) di Taiwan yang besarnya Rp357 juta per TKI tersebut. Biaya itu sebagai kompensasi bagi TKI yang mengalami kecelakaan kerja hingga tewas maupun untuk proses pemulangan ke tanah air. Terkait pemulangan jenazah, Jumhur menyatakan BNP2TKI berkoordinasi dengan Komite Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) perwakilan Taipei.

Dijelaskannya, dalam peristiwa yang menyebabkan tewasnya para TKI itu terdapat pula pekerja tewas warganegara Taiwan. "Jadi seluruh korban ada tujuh pekerja yang tewas," jelas Jumhur.

Jumlah seluruh TKI di Taiwan saat ini, kata Jumhur, sekitar 146.189 orang terdiri 126.796 TKI informal pekerja Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) dan sebanyak 19.393 TKI bekerja di sektor formal. "Sebagian dari yang formal itu adalah pekerja disektor konstruksi," ujar Jumhur.

Salah seorang. Keluarga Riwanto yang ikut menjemput jenazah di Bandara Soetta,    Tarwadi, mengetahui peristiwa itu Sabtu ( 30/10/2010) dari seorang kawan yang kerja di Taiwan dengan menghubunginya. " Saya adiknya. Apapun bantuannya, saat ini saya masih shock atas kepergian kakan saya. Mengenai bantuan, itu baru informasi saja, belum ada pernyataan resmi kepada keluarga," ujar Tarwadi
RencanaNYA, Riwanto akan dimakankan di Desa Lumingsih, Kecamatan Adiwerna, Jawa Timur. (dira)

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

WISATA
Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Manjakan Diri dengan Fasilitas Baru Novotel Tangerang

Rabu, 15 Mei 2024 | 19:10

Novotel Tangerang, sebagai salah satu hotel bertaraf internasional yang menawarkan banyak program dan fasilitas menarik telah resmi memiliki fasilitas baru di antaranya gym, sauna, dan kids club.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill