Connect With Us

SBY Resmikan Groundbreaking Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta

| Kamis, 2 Agustus 2012 | 16:27

SBY Resmikan Groundbreaking Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangnews / dira)


Reporter : Kun Athira
 
TANGERANG– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Terminal 3 bandara tersebut, Kamis (2/8).
 
Dengan pengembangan ini, nantinya bandara terbesar di Indonesia akan mampu menampung 62 juta penumpang per tahun pada tahun 2014 mendatang.
 
“Pengembangan ini memang sangat perlu dilakukan. Sebagaimana di paparkan PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, bahwa saat ini kapasitas bandara hanya mampu menampung 22 juta penumpang per tahun,” kata SBY dalam sambutannya.
Dia juga mengarahkan, dengan pengembagan Bandara ini, pihaknya berharap dapat membuka aksesbilitas internasional dan nasional Indonesia sehingga memudahkan masyarakat untuk menjangkau seluruh kawasan Indonesia. “Yang tentunya akan bertambah naik ekonomoni kita, selain itu utama dari pengebangan ini adalah untuk pengembangan akses dan jangkauan masyarakat untuk ke wilayah Indonesia Timur dan Barat, serta ke mancanegara,” simpulnya.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko menjelaskan, pengembagan bandara ini merupakan jawaban atas isu keterbatasan kapasitas bandara yang terjadi. “Saat ini kami sudah melayanai 51 juta penumpang per tahun. Padahal daya daya tampung bandara saat ini hanya 22 juta per tahun. Makanya, perlu pengembangan, dan akan dimulai saat ini,” tuturnya.
 
Tri Sunoko juga mengatakan, prosesi pengembangan bandara menjadi momentum yang sangat penting bagi PT Angkasa Pura II. Sebab, rencana pengembangan terhadap Bandara  menjadi bandara Internasional berkelas dunia yang dibanggakan tidak hanya di cita-citakan, namun dapat diwujudkan.
 
“Dengan pengembangan ini kami harapkan mampu memberikan pelayanan yang signifikan bagi masyarakat Indonesia dan Internasional,” bebernya.
 
Dalam rangka pengembangan Bandara, PT Angkasa Pura II juga sudah melakukan revitalisasi Terminal yang ada saat ini, antara lain Terminal 1, Teminal 2 dan Terminal 3. “Untuk Terminal 1 yang kini hanya mampu menampung 9 juta penumpang akan dikembangkan menjadi 18 juta per tahun.
 
Sedangkan untuk Terminal 2 dari 9 juta akan menjadi 19 juta pertahun. Begitu pula dengan Terminal 3 yang semula hanya berkapasitas 4 juta, akan meningkat jadi 25 juta per tahun seiring dengan pengembangan bandara ini,” bebernya.
 
 
Ratakan 2.000 Rumah
 
Wakil Diretur Utama PT Angkasa Pura II Reynaldo J Azis mengatakan, sementara ini, pihaknya telah menggarkan sebanyak Rp1,7 triliun untuk pengembangan dan revitaliasi Teminal 1, sedangkan untuk Terminal 2, pihaknya telah menganggarkan Rp1,1 Trilun.
 
 “Untuk dua terminal ini akan selesai pembangunannya pada tahun 2012-2013 mendatang. Sedangkan untuk pengembangan Terminal 3 yang akan mampu menampung 25 juta penumpang akan menghabiskan dana tak kurang Rp3,8 trilun,” bebernya.
 
Dalam pengembangan Bandara hingga terbangun terminal 4 dan lintasan pacu ke-4, PT Angkasa Pura II  rencananya membutuhkan lahan lebih luas lagi dari yang ada saat ini sekitar 850 hektare.
 
Dimana imbasnya, kebutuhan lahan tersebut akan memakan sedikitnya 2.000 pemukiman warga di Utara bandara. “Untuk pembebasannya sedang kami bicarakan dan kami siapkan dananya. Kalau tidak salah, akan ada 2.000 rumah yang digerus dengan pengembangan ini,” beber  Reynaldo J Azis.
Dengan kebutuhan lahan tersebut, pihaknya akan terus melakukan negosiasi dengan pihak pemerintah daerah baik Kota/Kabupaten Tangerang yang memiliki lahan warga yang akan tergerus tersebut.
 
 “Untuk dana pembebasannya kami sudah siapkan sebesar Rp850 miliar, dengan tambahan Rp1 triliun untuk pembangunan landasan pacu ke-4 dan terminal 4,” pungkasnya. 
 

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

KAB. TANGERANG
Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Banjir Luapan Kali Cibeureum, PLN Matikan Sementara Aliran Listrik di Desa Cikande Tangerang

Minggu, 5 Mei 2024 | 08:34

Wilayah pemukiman di Perumahan Taman Cikande, Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, Banten, mengalami banjir pada Jumat, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill