Connect With Us

Tingkatkan Daya Saing Ekonomi Keluarga, Ibu-ibu di Cilegon Diajar Menjahit Batik

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 25 November 2023 | 01:55

Seremoni pembukaan pembinaan pelatihan membatik dan menjahit di Kantor Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, pada Jumat, 24 November 2023. (@TangerangNews / Fahrul Dwi Putra )

TANGERANGNEWS.com- Puluhan Ibu-Ibu di Kantor Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, mengikuti pembinaan pelatihan membatik dan menjahit pada Jumat, 24 November 2023.

Kegiatan pelatihan itu diinisiasi oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis mengatakan, pelatihan membatik menjahit ini dimaksudkan guna mendorong pengembangan dan pemberdayaan kelompok wanita, sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Bantuan ini menjadi wujud kepedulian PLN, yang nantinya dapat mendorong pengembangan dan pemberdayaan kelompok wanita," ujarnya.

Di lain sisi, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta menyebut kegiatan ini sangat bermanfaat, selain menambah keterampilan sekaligus mengembangkan potensi produk kain batik khas Cilegon.

"Sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan," katanya.

Adapun pemateri dari pelatihan menjahit dan membatik ini diisi oleh Rinara Rumah Batik, yakni salah UMKM Binaan TJSL PLN UID Banten.

Pemilik Rinara Rumah Batik, Rina Rahmayanti menuturkan, hal ini diharapkan dapat terus mengembangkan dan memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Khas Cilegon, khususnya peningkatan ekonomi masyarakat setempat. 

"Pelatihan membatik dan menjahit ini menjadi bukti PLN dalam mengembangkan daya tarik produksi kain sutra sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," pungkasnya.

HIBURAN
Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Raisa Bakal Rilis Film Dokumenter, Ini Jadwal Tayangnya 

Selasa, 30 April 2024 | 08:18

Musisi cantik Raisa Andriana bakal merilis film dokumenter bertajuk "Harta, Tahta, Raisa".

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KOTA TANGERANG
Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill