Connect With Us

BMKG Prakirakan Hujan Lebat di Tangerang Selama Sepekan

Fahrul Dwi Putra | Kamis, 4 Januari 2024 | 18:12

Ilustrasi hujan disertai petir. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) memprediksi terjadinya hujan lebat di wilayah Tangerang selama sepekan pada Januari 2024 awal.

Berdasarkan hasil monitoring kondisi cuaca, diidentifikasi terjadinya curah hujan cukup intens selama sepakan. Potensi peningkatan curah hujan ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Salah satu faktor pendukungnya ialah adanya pergerakan angin Monsun Asia musim dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai berdampak terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Selain itu, adanya aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO), yang telah memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan juga memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

"Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan," ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 3 Januari 2024.

Selama sepekan terhitung sejak 3 hingga 10 Januari 2024 sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Banten berpotensi mengalami hujan berintensitas baik rendah hingga lebat.

Hujan tersebut meliputi Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Tangerang bagian selatan pada siang hingga malam hari, kemudian Kabupaten Tangerang bagian Utara pada malam hingga dini hari.

Guswanto mengimbau agar masyarakat maupun instansi terkait waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, yakni hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang selama sepekan ke depan. Terlebih, bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem tersebut.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang," pungkasnya.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill