Connect With Us

Wuih, Pakai Listrik PLN Bisa Turunkan Angka Kematian Ternak Ayam hingga 2%

Fahrul Dwi Putra | Senin, 20 Mei 2024 | 20:11

Penyaluran listrik di salah satu peternakan di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengklaim penggunaan listrik dari PLN dapat menurunkan angka kematian hewan ternak dibandingkan dengan listrik diesel.

Hal itu diwujudkan melalui program Electrifying Agriculture (EA) bertajuk 'Bekisar Electrik - Listrik untuk Peternakan Ayam'.

Seorang peternak ayam di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten, Tabroni mengungkapkan, kehadiran listrik PLN melalui program Bekisar Elektrik sangat membantu operasional peternakan miliknya.

Sejumlah peralatan penting peternakan seperti pompa air, pakan otomatis, blower, heater, dan cooling pad dapat beroperasi optimal.

Hasilnya, angka kematian ayam turun dari 5 persen menjadi hanya 2 persen, sehingga meningkatkan keberhasilan usaha peternakan tersebut. 

"Hal ini karena salah satu kunci keberhasilan bisnis di bidang ini adalah bagaimana kita dapat menjaga listrik tetap menyala untuk beragam keperluan," ujar Tabroni, Senin, 20 Mei 2024.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus menyosialisasikan program EA melalui Bekisar Elektrik kepada pelaku bisnis peternakan ayam di wilayah Banten. 

PLN juga akan melibatkan para Srikandi (pegawai perempuan PLN) untuk berkomunikasi secara aktif dengan para peternak. 

"Listrik akan kami jaga tetap andal sehingga para pelaku bisnis ternak dapat fokus mengembangkan usahanya saja, sehingga selain lebih efisien dengan listrik PLN tentunya pelaku usaha akan makin cuan kedepannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, mengapresiasi atas inisiatif PLN

Menurutnya, program ini telah membantu meningkatkan taraf hidup para peternak di Lebak dengan memastikan aliran listrik yang andal, yang merupakan kunci sukses dalam bisnis peternakan.

"Dengan energi listrik dari PLN, para pelaku usaha ternak dapat lebih cuan karena hadirnya listrik PLN yang menjadi kunci sukses bisnis peternakan," tukasnya.

Program Bekisar Elektrik oleh PLN tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas peternakan ayam tetapi juga mendukung keberlanjutan dan perkembangan ekonomi lokal dengan memastikan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill