Connect With Us

Wuih, Pakai Listrik PLN Bisa Turunkan Angka Kematian Ternak Ayam hingga 2%

Fahrul Dwi Putra | Senin, 20 Mei 2024 | 20:11

Penyaluran listrik di salah satu peternakan di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengklaim penggunaan listrik dari PLN dapat menurunkan angka kematian hewan ternak dibandingkan dengan listrik diesel.

Hal itu diwujudkan melalui program Electrifying Agriculture (EA) bertajuk 'Bekisar Electrik - Listrik untuk Peternakan Ayam'.

Seorang peternak ayam di Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten, Tabroni mengungkapkan, kehadiran listrik PLN melalui program Bekisar Elektrik sangat membantu operasional peternakan miliknya.

Sejumlah peralatan penting peternakan seperti pompa air, pakan otomatis, blower, heater, dan cooling pad dapat beroperasi optimal.

Hasilnya, angka kematian ayam turun dari 5 persen menjadi hanya 2 persen, sehingga meningkatkan keberhasilan usaha peternakan tersebut. 

"Hal ini karena salah satu kunci keberhasilan bisnis di bidang ini adalah bagaimana kita dapat menjaga listrik tetap menyala untuk beragam keperluan," ujar Tabroni, Senin, 20 Mei 2024.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus menyosialisasikan program EA melalui Bekisar Elektrik kepada pelaku bisnis peternakan ayam di wilayah Banten. 

PLN juga akan melibatkan para Srikandi (pegawai perempuan PLN) untuk berkomunikasi secara aktif dengan para peternak. 

"Listrik akan kami jaga tetap andal sehingga para pelaku bisnis ternak dapat fokus mengembangkan usahanya saja, sehingga selain lebih efisien dengan listrik PLN tentunya pelaku usaha akan makin cuan kedepannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Rahmat Yuniar, mengapresiasi atas inisiatif PLN

Menurutnya, program ini telah membantu meningkatkan taraf hidup para peternak di Lebak dengan memastikan aliran listrik yang andal, yang merupakan kunci sukses dalam bisnis peternakan.

"Dengan energi listrik dari PLN, para pelaku usaha ternak dapat lebih cuan karena hadirnya listrik PLN yang menjadi kunci sukses bisnis peternakan," tukasnya.

Program Bekisar Elektrik oleh PLN tidak hanya meningkatkan efisiensi dan produktivitas peternakan ayam tetapi juga mendukung keberlanjutan dan perkembangan ekonomi lokal dengan memastikan pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan.

WISATA
Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Benton Junction Karawaci, Tempat Nongkrong Asyik dengan Deretan Kuliner Kekinian

Jumat, 19 Juli 2024 | 17:03

Benton Junction di area Supermall Karawaci Tangerang, menghadirkan tenant-tenant kuliner terkini yang semakin lengkap untuk menarik pengunjung khususnya di area tersebut.

BANTEN
Segini Perbandingan Jumlah Kekayaan Bacalon Wakil Gubernur Banten

Segini Perbandingan Jumlah Kekayaan Bacalon Wakil Gubernur Banten

Jumat, 26 Juli 2024 | 14:09

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Banten semakin dekat. Nama-nama para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur pun semakin mengerucut, seperti Koalisi Banten Maju (KBM) yang telah mengajukan pasangan Andra Soni dan Ahmad Dimyati

AYO! TANGERANG CERDAS
Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kamis, 25 Juli 2024 | 19:26

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin, bersama wakil rektor dan jajaran terkait, melakukan kunjungan ke Cugenang Community Center (CCC) di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2024.

HIBURAN
Pesta Kuliner dengan 2.000 Lampion Bunga Hadir di Tangcity Mal

Pesta Kuliner dengan 2.000 Lampion Bunga Hadir di Tangcity Mal

Jumat, 26 Juli 2024 | 16:17

Tangcity Mall kembali menggelar event kuliner yang selalu dinanti oleh masyarakat Tangerang dan sekitarnya, bertajuk Rame-Rame Jajan Kuliner: Taman Raya (Taman Rasa & Cahaya).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill