Connect With Us

Sebanyak 176 Siswa SLTP Tidak Lulus UN

| Jumat, 1 Juni 2012 | 16:33

Siswi sedang mengerjakan UN. (tangerangnews / mumu)

 
SERANG– Dari jumlah 164.722 siswa yang mengikuti Ujian Nasional (UN) 2012 tingkat SLTP beberapa waktu lalu, sebanyak 176 siswa dinyatakan tidak lulus. Mereka terdiri dari 126 murid SMP, 19 murid SMP Terbuka, dan 31 murid MTs. Pengumuman untuk kelulusan UN tingkat SLTP ini sendiri baru akan diumumkan secara serentak di setiap sekolah Sabtu (2/6).
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina mengatakan, peserta dinyatakan lulus atau tidak setelah melalui pengolahan nilai BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yaitu penjumlahan dari bobot nilai sebanyak 60 persen, dan bobot sekolah sebanyak 40 persen. Nilai akhir tersebut lah yang menjadi indikator kelulusan sekaligus menjadi bahan pertimbangan kelulusan siswa.
“Dari hasil pengolahan itu dapat dinyatakan sebanyak 164.546 atau 99,89 persen siswa lulus, sementara 176 siswa belum memenuhi indikator nilai akhir untuk memenuhi kelulusan,” kata Hudaya, Jumat (1/6/2012).

Bagi peserta UN yang dinyatakan tidak lulus, kata Hudaya, akan mengikuti ujian kesetaraan paket B yang akan dilaksanakan pada Juli 2012 mendatang. Untuk ujian kesetaraan ini tidak hanya mereka yang dinyatakan tidak lulus, tapi juga diperuntukan bagi siswa yang sudah terdaftar dalam UN tetapi mengundurkan diri dalam pelaksanaan UN-nya.

“Satuan Pendidikan harus meminta kepada seluruh Kepala Sekolah/Madrasah untuk segera mendaftarkan muridnya yang dinyatakan tidak lulus dan juga tidak mengikuti ujian, melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing,” tegasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Hudaya juga mengatakan ada yang menarik dalam UN SMP/Mts ini, karena ada siswa Banten yang masuk kategori 25 nilai tertinggi secara nasional. Siswa terbaik tersebut adalah Adelia Suryani, asal SMP Penabur Kota Tangerang.
 
“Adelia masuk dalam kategori 25 nilai teringgi karena angka hasil ujiannya juga tinggi, yaitu untuk pelajaran Bahasa Indonesia mendapatkan nilai 10, Bahasa Inggris 9,80, Matematika 10, dan nilai IPA 10, sehingga jumlahnya 39,80,” jelasnya.(FUA)

WISATA
Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Banyak yang Belum Tahu, Ini Lokasi Baru Jajanan Parlan Kota Tangerang

Senin, 6 Mei 2024 | 08:52

Kota Tangerang memiliki berbagai tempat pusat kuliner, salah satunya ialah Jajanan Parlan di kawasan Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

NASIONAL
SMS 2024, Media Online Lokal Diajak Naik Kelas

SMS 2024, Media Online Lokal Diajak Naik Kelas

Senin, 6 Mei 2024 | 15:20

Sumatera Media Summit (SMS) 2024, yang digagas oleh Suara.com bersama Internasional Media Support (IMS), sukses mempertemukan para pemilik media massa online lokal, organisasi media, hingga lembaga pers Mahasiswa se-Pulau Sumatera.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill