Connect With Us

8 Youtuber Indonesia Penghasilan Terbanyak 2023, Nomor 1 Bukan Rans Entertainment

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 13 Juni 2023 | 10:55

Ilustrasi penghasilan Youtuber (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Kemajuan teknologi informasi menjadi ladang baru dalam mengais pundi-pundi rupiah melalui berbagai platform digital, termasuk media sosial YouTube.

Hal ini dimanfaatkan sejumlah orang untuk menjadikan YouTube sebagai pekerjaan yang menghasilkan cukup banyak uang.

Awalnya YouTube hanya berisikan konten kreator atau disebut dengan Youtuber bersifat perseorangan, namun seiring waktu mulai banyak kanal-kanal YouTube yang dibangun skala perusahaan.

Artis dan selebriti Indonesia yang sudah malang melintang di dunia pertelevisian pun melihat YouTube sebagai cara untuk tetap mempertahankan eksistensinya, sehingga mereka pun banyak yang terjun ke dunia YouTube.

Terdapat beberapa Youtuber Indonesia yang memiliki penghasilan yang fantastis, yakni mampu meraup ratusan juta per bulannya.

Penghasilan tersebut didapatkan dari hasil penayangan iklan adsense baik dalam video YouTube biasa maupun fitur YouTube Shorts.

Adapun penghasilan para Youtuber tersebut dapat dilihat melalui situs Social Blad. Meski keakuratannya masih bisa diperdebatkan, namun situs ini dapat menjadi acuan perkiraan seberapa besar penghasilan para Youtuber berdasarkan adsense yang didapat dari jumlah penayangan dan banyaknya subscribers.

Perlu diketahui, penghasilan para Youtuber Indonesia ini hanya murni berasal dari adsense, sementara penghasilan yang berasal dari bisnis maupun endorsement tidak dihitung.

Berikut 8 Youtuber Indonesia dengan penghasilan terbanyak dikutip dari Kana YouTube Tau Gak Sih, Selasa, 13 Juni 2023.

Rans Entertainment

Dimiliki oleh presenter kondang Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina, Rans Entertainment yang dibangun pada Desember 2015 menjadi salah satu kanal YouTube dengan subscribers terbanyak, yakni 25,2 juta.

Rans Entertainment memiliki fokus konten pada hiburan dan keseharian keluarga Raffi dan Nagita atau dikenal sebagai keluarga Sultan Andara. Menurut data dari Social Blade, jumlah penayangan per hari Rans Entertainment ialah 2 juta dengan estimasi penghasilan 15.400 US dollar atau sekitar Rp235 juta per bulan.

Miauwaug

Berdiri pada Maret 2014, Miauwaug menjadi salah satu kanal YouTube kategori gaming tertua di Indonesia dengan jumlah subscribers saat ini mencapai 19,9 juta. Kanal yang dipandu oleh pria bernama Regi Prabowo ini mendapat jumlah penayangan rata-rata 2,4 juta per hari dengan estimasi penghasilan bulanan sebanyak 18.700 US dollar atau sekitar Rp286 juta.  

Zuni and Family

Memiliki jumlah subscribers sebanyak 17,9 juta, Zuni and Family yang dibangun sejak Agustus 2017 ini berfokus terhadap konten video yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan rata-rata penayangan sekitar 2 juta per hari dan estimasi penghasilan bulanannya berada di 21.900 juta US dollar atau setara Rp335 juta.

Frost Diamond

Kanal YouTube gaming kontroversial ini kerap dihujat, namun justru terus mengalami perkembangan yang konsisten sejak pertama kali didirikan pada Januari 2014. Memiliki 28,4 juta subscribers, kanal YouTube yang awalnya berfokus pada konten gim Minecraft ini ata-rata penayangan perhari 3,4 juta dengan estimasi penghasilan 25.600 US dollar atau sekitar Rp392 juta.

Jeevan Akawa

Kanal yang berdiri pada September 2014 ini memiliki jumlah subscribers sebanyak 9,33 juta. Kontennya berisikan hiburan dan drama keluarga dengan rata-rata 5 juta penayangan per hari dan estimasi penghasilan bulanan berada di 37.600 US dollar atau setara Rp500 juta.

Ale Khin

Berisikan 80 persen konten video short yang membahas alur cerita film dan dikemas dalam penyampaian cerita menarik terbukti menggaet minat para penonton, sehingga kanal YouTube yang dibangun pada Mei 2014 ini memiliki 6,85 juta subscribers ini memiliki rata-rata penayangan per hari ialah 5,9 juta dan estimasi penghasilan bulanan berada di 45 ribu US dollar atau Rp689 juta.

Yudist Ardhana

Berawal dari konten prank saat pertama kali berdiri pada Januari 2016, kanal YouTube Yudist Ardhana kini beralih dengan konten-konten bersifat hiburan keluarga seperti vloga dan challenge. Perubahan ini sukses mempertahankan kanal YouTube Yudist Ardhana terus berkembang meski konten prank tidak lagi menjadi tren, hal ini terbukti dengan kanal Yudist Ardhana masuk dalam predikat grade A menurut Social Blade dan meraup 13,9 juta subscribers dengan rata-rata penayangan dalam sehari adalah 7 juta baik dari penayangan video short maupun video panjang, yakni estimasi penghasilan bulanannya berada di kisaran 58.400 US Dollar atau sekitar Rp893 juta.

Klara Tania

Terkenal sebagai YouTuber alur cerita film, kanal yang baru dibangun pada Juni 2021 ini sukses meraih subscribers 10,1 juta. Kanal ini fokus pada konten-konten menyampaikan cerita dari film-film, khususnya genre misteri ini memiliki rata-rata jumlah penayangan per hari sekitar 10 juta penayangan per hari diakumulasikam dari video short dan video panjang untuk estimasi penghasilan berada di 80.400 US Dollar atau sekitar Rp1,2 miliar, sehingga Klara Tania menduduki posisi pertama sebagai Youtuber dengan penghasilan terbanyak di Indonesia.

Demikianlah daftar-daftar Youtuber dengan penghasilan terbanyak di Indonesia. Bahkan, mencapai miliaran rupiah per bulannya, tentunya hal itu didapatkan berkat konsistensi dari membuat konten-konten video yang disukai para subscribers-nya. Anda tertarik mencoba?

NASIONAL
PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

PLN Pimpin Perkembangan Ekosistem Hidrogen di Indonesia 

Kamis, 20 Juni 2024 | 15:32

PT PLN (Persero) dipercaya untuk memimpin pengembangan ekosistem hidrogen di Indonesia, yang dinilai pemerintah tidak hanya mempercepat transisi energi tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Minggu, 16 Juni 2024 | 20:14

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat sekitar wilayah Tangerang, dengan menyalurkan bantuan hewan kurban di momen Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

AYO! TANGERANG CERDAS
Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Tuai Protes, Kemendikbud Batalkan Kenaikan UKT 

Selasa, 28 Mei 2024 | 08:04

Usai menuai beragam bentuk protes dari mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill