Connect With Us

Bupati Tangerang Desak Kemen PU

Denny Bagus Irawan | Kamis, 12 November 2015 | 14:36

Ahmed Zaki Iskandar (Rangga A Zuliansyah / Tangerangnews)

TANGERANG-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kembali mengingatkan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) agar segera menormalisasi situ dan sungai di wilayahnya. Hal ini untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

“Ada 22 situ dan sungai di Kabupaten Tangerang yang harus dinormalisasi. Jika tidak saya khawatir dimusim hujan nanti wilayah kita dilanda banjir seperti tahun-tahun lalu,” kata Bupati Zaki kepada wartawan, kemarin.

 

Menurutnya, situ dan sungai adalah kewenangan pemerintah pusat, kondisinya saat ini banyak yang rusak dan tak sedikit pula yang sudah tidak berfungsi. Melihat kondisi itu, ditegaskan Zaki, Pemkab Tangerang sangat berharap kepada Kementrian PU agar mengantisifasi bencana banjir di Kabupaten Tangerang dengan menormalisasi situ dan sungai serta irigasi.

 

“Saya sudah berkali-kali menyampaikan kondisi situ dan sungai yang ada di Kabupaten Tangerang ke Kementrian PU. Namun sampai saat ini belum ada respon, sehingga banjir masih menjadi ancaman bagi beberapa wilayah kita,” terang Zaki lagi.

 

Adapuin titik rawan banjir di Kabupaten Tangerang sebanyak 72 titik yang diantaranya berada di wilayah Kecamatan Kresek, Gunung Kaler, Kronjo, Kemiri dan beberapa wilayah lainnya. “Kalau tidak ada langkah kongkrit juga dari Kementrian PU, terpaksa kita rencanakan menggunakan anggaran APBD untuk menormalisasi situ dan sungai, tapi kita akan bahas dulu bersama Muspida, agar tidak bertentangan dengan aturan yang ada,” tegasnya.

 

Sementara, Camat Kresek Achmad Kasori mengatakan, beberapa wilayahnya menjadi langganan banjir setiap musim penghujan. Hal itu disebabkan luapan air dari sungai Cidurian yang berada di Desa Koper dan Pasir Ampo. Jika Kementrian PU hendak menormalisasi sungai Cidurian, Achmad Kasori mengusulkan agar terlebih dulu dipasangi paku bumi supaya konstruksi tanah yang ada tidak terus menerus longsor ke sungai.

 

“Kami tentu berharap, perbaikan sungai Cidurian segera dilakukan, karena sudah mendekati musim hujan,”harapnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang Teteng Jumara mengaku, jelang musim penghujan ini pihaknya sudah siap bergerak jika kemungkinan terjadi bencana banjir. Kesiapan itu mulai dari personil hingga persediaan logistik seperti beras maupun pos-pos pemantau dan lokasi evakuasi di setiap kecamatan. “Saat ini seluruh persiapan sudah siap baik logistik makanan mapun para relawan,”pungkasnya

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill