Connect With Us

Situ Cilongok Jadi Objek Wisata di Pasar Kemis

Maya Sahurina | Senin, 26 November 2018 | 20:49

Wisata Situ Cilongok yang berlokasi di Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews/2018 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat di wilayah Kecamatan Pasar Kemis dan sekitarnya kini memiliki objek wisata air. Lokasi tersebut adalah Situ Cilongok yang berlokasi di Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis.

Awalnya, lokasi Situ Cilongok selama hampir 10 tahun hanya berfungsi sebagai lahan resapan air. Namun, warga kemudian berswadaya untuk memanfaatkan lahan tersebut menjadi objek wisata air.

Wisata Situ Cilongok

Wisata Situ Cilongok

"Semua ini modal swadaya masyarakat, karena ingin membuat Situ Cilongok ini menjadi indah untuk masyarakat. Sehingga nantinya banyak masyarakat dari luar Pasar Kemis atau pun luar Kabupaten Tangerang berwisata ke Situ Cilongok ini. Semuanya dibangun dengan modal sendiri dan gotong royong dengan masyarakat Desa Sukamantri," papar Mursan, pengelola situ tersebut, Senin (26/11/2018). 

Ditambahkannya, lokasi itu pun kini menjadi objek wisata untuk warga setempat. Tak sedikit warga dari segala usia datang ke lokasi untuk menikmati suasana pagi maupun senja.

“Nantinya pengunjung juga akan kita arahkan untuk mencoba beberapa wahana yang ada, serta bisa foto selfie diatas rakit cinta. Ada beberapa tempat selfie yang sudah kami siapkan juga. Untuk wahana anak-anak juga sudah kami siapkan, serta para orang tua kami siapkan tempat menunggu dengan menikmati beberapa tempat jajanan yang ada di area Situ Cilongok," bebernya lagi.

Untuk masuk ke area lokasi, pengunjung pun tidak harus merogoh kantong terlalu dalam.

“Tempatnya bagus, mirip kawah putih di Tangkuban Perahu, Bandung. Murah lagi, cuma bayar parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp10.000, naik wahana bebek-bebekan, dan naik rakit cinta sepuasnya,” jelasnya.

<p align=

" width="400" height="288" />

Ia berharap, Pemkab Tangerang bisa segera melengkapi berbagai fasilitas di lokasi Situ tersebut, karena menurutnya, warga sangat membutuhkan ruang terbuka untuk menikmati waktu luang.

"Masih banyak hal yang harus kami persiapkan, seperti kebutuhan MCK, ruas jalan yang masih becek, dan sarana penunjang lainnya yang belum bisa terjangkau. Karena swadaya masyarakat yang terbatas, kami masih membutuhkan dana untuk menyiapkan fasilitas dan sarana prasarana penunjang lainnya yang ada di Situ Cilongok ini. Kami harap pemerintah daerah bisa bekerja sama untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini," harapnya.(RAZ/HRU)

BISNIS
Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Dorong UMKM Go Export, BCA Target Berikan 2.000 Sertifikat Halal Gratis 2024

Jumat, 1 Maret 2024 | 20:06

PT Bank Central Asia (BCA) menargetkan dapat memberikan 2.000 sertifikasi halal secara gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tahun 2024. Hal ini untuk mendukung produk UMKM bisa diekspor ke berbagai negara.

NASIONAL
Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Masuki Awal Maret Tapi Musim Hujan Belum Berakhir, Begini Penjelasan BRIN

Sabtu, 2 Maret 2024 | 09:58

Memasuki awal Maret 2024, tanda-tanda musim hujan belum berakhir di sejumlah wilayah di Indonesia.

SPORT
Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Pelatih Persita Sebut Gol Bunuh Diri Persebaya Berkat Usaha Timnya

Sabtu, 24 Februari 2024 | 18:00

Pelatih Persita Tangerang Divaldo Alves mengklaim gol bunuh diri Persebaya dalam pekan ke-25 laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 berkata usaha dan kinerja tim besutannya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill