Connect With Us

9 Tahun Berdiri, RSUD Kota Tangerang Hadirkan Layanan Trauma Center dan Ortotik Prostetik

Advertorial | Jumat, 10 Maret 2023 | 18:30

Fasilitas kaki palsu, tangan palsu, jari palsu, dan alat-alat bantu lain yang diberikan Layanan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Tepat hari ini, Jumat 10 Maret 2023, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang resmi menginjak usia sembilan tahun berdiri.

Bertepatan dengan hari jadi tersebut, RSUD Kota Tangerang meresmikan dua layanan unggulan terbarunya, yakni Trauma Center dan Layanan Ortotik Prostetik.

Bagian dari kado hari jadi, dua layanan terbaru ini berhasil mendaulat RSUD Kota Tangerang sebagai satu-satunya rumah sakit milik pemerintah di Provinsi Banten, yang mampu memberikan fasilitas dua pelayanan tersebut.

Direktur RSUD Kota Tangerang dr. O.U Taty Damayanti menuturkan, peresmian dua layanan unggulan terbaru ini sebagai bentuk inovasi dalam menjawab problematika kesehatan yang ada.

Selan itu untuk menunjang profesionalisme di lingkungan kerja RSUD Kota Tangerang itu sendiri.

Berdasarkan data yang pihaknya kumpulkan, terdapat banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas dan kecelakaan kerja yang terjadi di Kota Tangerang dan sekitarnya.

Mengenai itu, catatan Instalasi Rehabilitasi Medis juga menunjukkan banyaknya permintaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut akibat kasus-kasus tersebut.

"Oleh karenanya, setelah melakukan persiapan yang cukup, kami resmi meluncurkan dua layanan unggulan ini,” ungkapnya ketika peresmian di halaman RSUD Kota Tangerang, Jumat 10 Maret 2023.

Ia menjelaskan, Layanan Trauma Center merupakan pelayanan kesehatan guna menangani pasien khusus yang mengalami trauma akibat kecelakaan kerja.

Khusus layanan ini, Trauma Center yang dimiliki RSUD Kota Tangerang telah mendapatkan predikat di tingkat level tiga, dan akan terus ditingkatkan kedepannya.

“Untuk menunjang fasilitas Layanan Trauma Center ini, kami telah menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mendukung, seperti dokter bedah mulut, bedah saraf, ortopedi, kebidanan, bidang trauma, komitmen penanganan dalam watu 24 jam penuh, serta relasi rujukan ke berbagai rumah sakit lain,” tutur Taty.

Layanan Ortotik Prostetik merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan dalam hal pembuatan alat bantu kesehatan yang berfungsi untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh yang membutuhkan.

Layanan ini pun telah mampu memberikan berbagai bentuk fasilitas, seperti kaki palsu, tangan palsu, jari palsu, dan alat-alat bantu lain.

“Sedangkan, Layanan Ortetik Prostetik telah ditunjang dengan bengkel sendiri sehingga memudahkan untuk efesiensi pelayanan,” tambahnya.

Selain itu, RSUD Kota Tangerang pun telah berkomitmen memastikan dua layanan unggulan terbaru ini mampu diakses secara mudah oleh masyarakat umum.

Bekerjasama dengan Jasa Raharja, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan, dua layanan ini resmi diluncurkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Proses aksesnya pun telah dimudahkan. Masyarakat bisa melakukan pendaftaran secara daring dari rumah masing-masing.

"Kemudian terkait biaya yang ditentukan, masyarakat yang sudah dijamin BPJS akan mendapatkan akses gratis full, sementara yang membutuhkan pelayanan khusus (seperti pembuatan ortotik prostetik dalam bentuk sepatu khusus) akan dikenakan biaya berbayar umum,” pungkas Taty.

Sekedar informasi, dalam peresmian layanan baru ini turut hadir sejumlah pihak dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, perwakilan rumah sakit dan Puskesmas se-Kota Tangerang, mitra kerja, serta seluruh civitas hospitalia.

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Bangga, Siswa-siswi SD Asal Tangsel Ikut Olimpiade Asia

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:11

TANGERANGNEWS.com- Sebanyak 16 peserta didik asal Tangerang Selatan (Tangsel) dari Sekolah Dasar (SD) Al-Azhar BSD mengikuti olimpiade matematika Southeast Asian Mathematics Olympiad (SEAMO).

OPINI
Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Harga Beras Melambung Tinggi, Apa yang Terjadi?

Sabtu, 17 Februari 2024 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Setahun terakhir harga beras terus mengalami kenaikan tinggi, bahkan kenaikan harga beras di tahun 2023 nyaris 20% dibandingkan dengan harga sebelumnya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill