Connect With Us

Antisipasi KPPS Tumbang, 292 Nakes Disiagakan di TPS Kabupaten Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 8 Februari 2024 | 19:32

Simulasi pemungutan dan perhitungan suara di TPS 16, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin, 29 Januari 2024. (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGEWS.com-Sebanyak 292 tenaga kesehatan (nakes) disiagakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024.

Hal ini untuk mengantisipasi petugas penyelenggara pemilu kelelahan hingga meninggal, seperti yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis mengatakan, mereka akan ditempatkan untuk mendampingi petugas penyelenggara pemilu sebagai upaya antisipasi persoalan medis.

"Mereka akan memantau kesehatan para petugas penyelenggara selama proses pemungutan suara, pada 14 Februari 2024 nanti. Kami mengerahkan 292 petugas medis," katanya, Kamis 8 Februari 2024.

Menurut dia, petugas pemilu akan dipantau kondisinya oleh nakes dengan menyangkut data hasil skrining riwayat kesehatan mereka masing-masing.

"Nakes disiagakan sebagai menindaklanjuti upaya pemetaan risiko kerja petugas penyelenggara pemilu," ujar Muchlis.

Adapun dari ratusan tenaga kesehatan yang telah disiagakan itu, terdiri dari 90 dokter, 110 perawat dan 92, driver ambulance.

Nantinya, mereka akan ditugaskan di setiap posko yang ada di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Tim mobile di setiap kecamatan dan posko pemilu untuk memberikan pelayanan pegawai. Kami juga telah berkoordinasi dengan RSUD dan RS Swasta sebagai tempat rujukan perawatan," ungkap Muchlis.

Namun demikian, petugas di TPS baik sebagai KPPS maupun PPS tetap diimbau untuk menjaga kesehatan dengan istirahat dan konsumsi asupan bergizi yang cukup.

"Kami hanya menyarankan para petugas penyelenggara nantinya agar bisa menjaga staminanya," kata dia.

Untuk diketahui, pada Pemilu 2024, ada sebanyak 9.016 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar pada 274 desa/kelurahan di Kabupaten Tangerang.

Sedangkan  jumlah daftar pemilih tetap yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten Tangerang sebanyak 2.353.825 jiwa, dengan rincian 1.188.969 orang pemilih laki-laki dan 1.164.856 orang pemilih perempuan.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill