Connect With Us

400 Nelayan di Pakuhaji Tangerang Dapat Bantuan Fasilitas Penangkapan Ikan

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 1 Mei 2024 | 19:36

Penyerahan bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan kepada ratusan nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Selasa 30 April 2024 (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Ratusan nelayan di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang mendapat bantuan sarana dan prasarana penangkapan ikan dari pemerintah daerah setempat.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang terdapat 14 kelompok dan 400 orang nelayan yang diberikan bantuan, pada Selasa 30 April 2024.

Bantuan ini di antaranya berupa Mesin kapal 24 PK sebanyak 40 unit, alat tangkap Bubu sebanyak 4.588 unit, Jaring Rampus sebanyak 185 unit, Cool Boks (wadah pendingin ikan di kapal) 160 unit, Alat bantu pencari ikan (fish finder) 25 unit.

Selain itu, Pemkab Tangerang juga memberikan bantuan solar kepada 300 nelayan sebanyak 150 liter per orang, serta pertalite kepada 23 nelayan masing-masing mendapat 100 liter.

Kemudian, mereka juga mendapatkan sarana prasarana alat pengolahan ikan khusus berupa kios pemasaran, 4 unit kontainer dan sarana pengolahan 2 sebanyak paket.

"Bantuan juga diberikan kepada kelompok budidaya ikan berupa 2 unit kolam terpal," ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jaenudin.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para nelayan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tangkapan mereka, sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. 

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini, untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah masyarakat dan nelayan," pungkas Jaenudin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menyampaikan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan. 

Selain itu juga, untuk mendorong produktivitas para nelayan. Mengingat, nelayan merupakan mata pencaharian bagi masyarakat yang ada di wilayah Pantura dan merupakan tulang punggung perekonomian disektor perikanan.

"Nelayan adalah pahlawan pangan yang berjasa dalam menyediakan protein bagi masyarakat. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu mereka, untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan dan kesejahteraan mereka," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar produk perikanan juga menjadi ujung tombak pendukung keberhasilan sektor perikanan. 

Karena itu, dukungan dan bantuan dari Pemkab Tangerang dirasakan sangat penting agar memberikan semangat baru serta peluang pengembangan usaha penangkapan ikan.

"Bantuan ini diharapkan dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam kegiatan penangkapan ikan," ucapnya.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Sosialisasikan Pencalonan Kepala Daerah

KPU Kota Tangerang Sosialisasikan Pencalonan Kepala Daerah

Kamis, 25 Juli 2024 | 21:16

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyosialisasikan peraturan KPU tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Walikota dan Wakil Walikota Tangerang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

TEKNO
Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Awas Disalahgunakan, Cara Tambahkan Watermark pada File Foto KTP 

Rabu, 24 Juli 2024 | 17:35

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan dokumen penting yang sering diperlukan untuk berbagai proses verifikasi.

SPORT
Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:24

PLN Mobile Proliga 2024 telah memasuki babak grand final yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta, pada 20-21 Juli 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kunjungi CCC, Rektor UNJ Rencanakan Buka Cabang Kampus Khusus Pencak Silat di Cianjur

Kamis, 25 Juli 2024 | 19:26

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Profesor Komarudin, bersama wakil rektor dan jajaran terkait, melakukan kunjungan ke Cugenang Community Center (CCC) di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 25 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill