Connect With Us

Urai Kemacetan CCTV Canggih Dipasang Rp15 Miliar

Dira Derby | Selasa, 17 September 2013 | 17:34

Petugas Dishub menunjukkan ruangan ATCS (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGERANG-Untuk mengurai kemacetan di wilayah Kota Tangerang, pemerintah setempat serius menghadapinya persoalan macet yang terus terjadi.  Pemkot Tangerang pun membangun area traffic control system (ATCS). Fungsinya untuk memantau traffic dan mengatur waktu traffic light atau lampu merah. 

Kepala Seksi Teknik Lalu Lintas Tri Wibowo, Selasa (17/09) mengatakan, sesungguhnya, ATCS itu sudah berjalan sejak 2011. Namun, fasilitasnya terus dilengkapi hingga sampai saat ini memiliki 23 titik dari hanya delapan titik.

"Sekarang dilengkapi dengan papan ‎informasi elektronik atau variabel message sign yang berfungsi untuk mengupdate informasi jalan. Sehingga pengguna jalan bisa menghindari jalan yang padat kendaraan," terangnya. 

 Selain berguna untuk memantau traffic, pihaknya juga meyakini akan membantu petugas kepolisian jika sampai terjadi kecelakaan. Peristiwa kecelakaan yang sampai ke pengadilan, menurut dia, tentu akan membutuhkan barang bukti dan informasi peristiwa.
 
"Dengan CCTV ini, kita record terus 24 jam. Ini sering diminta sama petugas polisi saat ini ketika ada peristiwa kecelakaan," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Ivan Yudianto mengatakan, seluruh biaya pada kelengkapan ATCS tersebut menghabiskan anggaran Rp15 miliar.  “Sejak 2011 hingga 2013 total sudah Rp15 miliar,” terangnya.   Pantauan di ruang ATCS, teknologi CCTV tersebut memeng terlihat berkualitas. “Bisa dibedakan, kalau punya Polda atau DKI kan banyak bufferingnya dan tak jelas gambarnya. CCTV di sini jernih, seperti real,” tambah Ivan. 
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

KAB. TANGERANG
Hindari Lubang, Pemotor Wanita Jatuh hingga Luka-luka di Jalan Raya Serang Tangerang

Hindari Lubang, Pemotor Wanita Jatuh hingga Luka-luka di Jalan Raya Serang Tangerang

Jumat, 3 Mei 2024 | 16:18

Seorang wanita pengendara sepeda motor terjatuh saat mengindari lubang besar di Jalan Raya Serang, Tepatnya di depan Pertamina Gas, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Akibatnya korban mengalami luka-luka

NASIONAL
Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Jokowi Sebut Potensi Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia, PLN Siap Dukung

Sabtu, 4 Mei 2024 | 13:18

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut adanya potensi terbentuknya industri ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill