Connect With Us

Disdukcapil Kota Tangerang Buka Akte Kelahiran Online

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 8 Mei 2014 | 18:41

Ilustrasi Akte Lahir (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Untuk memaksimalkan pelayanan pembuatan akte kelahiran bagi warga Kota Tangerang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tengah program pembuatan akte kelahiran secara online.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang  Erlan Rusnarlan menjelaskan, proses pembuatan akte kelahiran online dilakukan menggunakan sistem komputerisasi. Transfer data kelahiran dilakukan sesaat setelah si bayi lahir dengan menggunakan jaringan internet dari pihak rumah sakit ke dinas.

"Kita akan bekerjasama sejumlah rumah sakit di Kota Tangerang. Dengan sistem ini semakin memudahkan warga untuk memproses pembuatan akte kelahiran, tanpa harus datang ke dinas. Sehingga, dapat menghemat waktu, tenaga. Layanan ini diberikan secara gratis," terangnya.

Adapun mengenai proses pembuatan, kata Erlan, sesuai ketentuan selesai dalam 14 hari. Namun pihaknya mengusahakan bisa jadi lebih cepat, sehingga bayi lahir sudah memiliki akte kelahiran tak lama setelah dilahirkan.

"Rencananya akte kelahiran yang sudah jadi dapat diambil langsung di rumah sakit bersangkutan," katanya.

Dikatakan Erlan, hingga saat ini program pembuatan akte kelahiran online masih tahap pengembangan lebih lanjut, namun diperkirakan mulai dilakukan pada bulan Juni atau Juli mendatang. "Kita telah menyiapkan peralatan komputer dan jaringan berikut petugas layanannya," jelasnya.
 
KOTA TANGERANG
DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

DPRD Kota Tangerang Sebut Rotasi Jabatan ASN Kerap Tidak Sesuai Skill

Minggu, 28 April 2024 | 22:03

Anggota DPRD Kota Tangerang Fauzan Manafi Albar mengomentari terkait isu mutasi/rotasi jabatan Aparatru Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill