Connect With Us

Pasca Lebaran, Pelamar Kerja Meningkat

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 7 Agustus 2014 | 15:33

Ilustrasi Pelamar Kerja (Istimewa / TangerangNews)


TANGERANG-Pasca lebaran 2014, pelamar kerja yang membuat kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang mengalami peningkatan sekitar 20-30 persen dari hari biasanya.

"Ada peningkatan, tapi tidak terlalu signifikan. Jumlah pelamar sejak pelayanan Disnaker buka hari Senin (4/8) kemarin, ada sekitar 707 orang, meningkat sekitar 20-30 persen dari hari biasa yang sekitar 100-150 orang per hari," jelas Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar, Kamis (6/8).

Mahdiar menambahkan, meningkatnya pelamar kerja pasca lebaran adalah trend tiap tahun. Penyebabnya, menurut dia, biasanya karena pasca lebaran sejumlah perusahaan banyak membuka lowongan.

"Kadang ada juga yang sudah punya pekerjan, tapi ingin coba cari pekerjaan lagi, biasanya keputusannya setelah lebaran. Hal lainnya mungkin warga yang belum mempunyai pekerjaan memanfaatkan momentum setelah lebaran untuk mencari kerja. Tapi jumlahnya tidak sebanyak setelah lulusan sekolah," ungkapnya.

Dikatakan Mahdiar, dari pelamar kerja tersebut yang merupakan warga pendatang hanya sebagian kecil. Pasalnya, Disnaker tidak bisa melayani pembuat kartu kuning jika tidak memiliki KTP Kota Tangerang. Kecuali pelamar menggunakan e-KTP , namun itu  pun harus dilengkapi surat keterangan pengantar dari tempat tinggalnya.

"Pelamar kebanyakan warga Kota Tangerang. Kalau pendatang biasanya mencari kerja secara blusukan, tidak ke perusahaan formal," ungkapnya.
 
NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

TANGSEL
Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Produksi Tembakau Gorila di Rumah, Pemuda di Larangan Tangerang Ditangkap

Sabtu, 27 April 2024 | 15:35

Polsek Ciputat Timur menangkap dua pemuda yang memproduksi dan mengedarkan narkotika golongan 1 jenis tembakau sintetis atau gorila, Sabtu 27 April 2924.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill