Connect With Us

Atasi Kemacetan, Tangerang Gagas LRT

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 22 September 2014 | 18:16

Arief R Wismansyah (ARW) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 
TANGERANG-Guna mengatasi Kemacetan di jalan yang menghubungkan Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan, pemerintah daerah setempat mewacanakan transportasi masal Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan.
 
“Kita coba menggandeng Tangsel dan Kabupaten Tangerang untuk membangun LRT, selain untuk mengurangi kemacetan juga menghubungkan tiga daerah. Contohnya seperti di wilayah Alam Sutera, ada sebagian Kota Tangerang sebagian Tangsel, nanti tinggal disambungin aja,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Senin (22/9).
 
Menurut Arief, ada beberapa investor yang telah menawarkan pembangunan LRT, diantaranya dari China, Kuala Lumpur dan PT Jakarta Monorail. Mereka telah membuat kajian rutenya mulai dari Summarecon, Alam Sutera, Tangcity, Mall bale Kota hingga Poris.
 
“Sudah ditentukan titik-titik pemberhentiannya. Tapi saya mau jalurnya sampai ke Perum. Jadi aksesnya ke kecamatan Cibodas, Karawaci, Cipondoh, Karang Tegah, Ciledug, Pinang sampai ke Larangan,” ujarnya.
 
Namun untuk infastruktunya, Arief belum mengetahui secara pasti, apakah akan menggunakan median jalan atau median tepi sungai. Selain itu juga Dinas Perhubungan sedang membahas aturannya, nanti perjanjiannya berupa be to be atau public private partnership. “Yang penting ketentuannya harus aman dan nyaman bagi masyarakat untuk memperoleh fasilitas transportasi masal,” jelas Arief.
 
Menurut Arief, program tersebut sebenarnya sudah lama direncanakan sejak tahun 2011, namun tidak berjalan. Hal itu terkendala adanya Perpres dimana untuk pembangunan kereta di Jabodetabek ke Bandara harus melalui operator PT KAI. Sementara KAI sedang fokus pembangunan double track di Jawa dan Bandara.
 
“Itu kan programnya nasional, sedangkan LTR ini program sendiri. Program ini Tangsel punya, Kabupaten  Tangerang juga punya. Jadi kita bikin masing-masing, tapi nanti terinegrasi,” jelasnya,
 
 
 
TagsLRT
AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Musim Pancaroba Jadi Mudah Sakit, Ternyata Ini Sebabnya 

Kamis, 2 Mei 2024 | 08:44

Musim pancaroba merupakan periode peralihan antara musim yang seringkali ditandai dengan cuaca yang tidak menentu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill