Connect With Us

Kedatangan Tim Penilai, PMI Kota Tangerang Menuju Good Manufacturing Practice

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 4 November 2016 | 17:00

Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tangerang kedatangan tim dari BPOM dan dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten. (@TangerangNews.com 2016 / Rangga A Zuliansyah)

 

TANGERANGNews.com-Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Tangerang kedatangan tim dari BPOM dan dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten untuk melakukan penilaian terhadap penerapan Good Manufacturing Practice (GMP) atau proses produksi darah sesuai standar, Jumat (4/11/2016).

Kepala Markas UTD PMI Kota Tangerang Mustofa Kamaludin mengatakan, penilaian ini melalui sejumlah tahap seperti visiting, mentoring , pra asistensi dan setrifikasi. Kedatangan BPOM dan Dinkes Banten ini merupakan yang pertama kalinya untuk melakukan penilaian. 

“Yang dinilai diantaranya fasilitas, peralatan, SDM dan proses pengambilan donor darah hingga darah siap disalurkan. Penilaian kita ini langsung masuk ke tahap tiga yakni pra asistensi, karena fasilitas dan SDM kita dinilai sudah bagus,” katanya.

Menurut Mustofa, sertifikasi GMP ini merupakan amanat Permenkes No. 83 dan 91/2015, dimana targetnya PMI harus sudah tersertifikasi dan terakreditasi pada tahun 2019.

Kemungkinan PMI Kota Tangerang mendapat sertifikasi GMP pada tahun 2017.“Sertifikasi ini penting karena produk darah kita lebih dipercaya oleh rumah sakit karena sesuai standar,” katanya. 

Selain soal sertifikasi produk, PMI juga dinilai untuk akreditasi untuk meningkatkan tipenya dari  Pratama menjadi Madya. Namun untuk hal ini, PMI Kota Tangerang terkendala bangunan yang masih kecil.

“Gedung kita masih belum representative, saran dari dinkes untuk akreditasi harus lebih besar . Ini nanti akan dibicarakan, apa akan menambah ruang atau membuat gedung baru,” jelasnya.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill