Connect With Us

Mahasiswa UMT Ajari Pelajar Tangerang Jeli Informasi Hoax Dunia Maya

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Februari 2018 | 14:00

Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) saat memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017). (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) memberikan penyuluhan internet sehat kepada para pelajar di SMPN 1 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2017).

Penyuluhan yang jug disi oleh relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Taufik ini berujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar terkait dampak negatif dari internet, khususnya informasi hoax.

BACA JUGA:

"Banyak hal yang perlu diwaspadai, yakni terkait bahaya kejahatan di dunia maya, seperti kekerasan dan pelecehan melalui internet, penyebaran informasi palsu (hoax), dan konten tidak senonoh seperti gambar dan video pornografi," kata Taufik di SMPN 2 Cikupa.

Taufik menjelaskan bahwa jika internet memiliki dampak yang berbeda tergantung dari penggunanya. Jika digunakan dengan baik dan benar, laka dapat menghasilkan hal yang positif. Contohnya seperti mempermudah informasi, sebagai sarana ajang bisnis dan dapat mencerdaskan masyarakat dalam hal pengetahuan.

"Tapi Jika memakai internet berlebihan, banyak dampaknya, contoh hal negatif adalah jika dahulu orang sebelum makan melakukan doa, maka sekarang banyak generasi muda yang mengunggah foto atau video terlebih dahulu ke media sosial," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa waktu yang tepat pada saat memakai internet juga perlu diperhitungkan, karena dapat merubah perilaku seseorang. "Biasanya anak muda menggunakannya kebanyakan sebagai ajang eksis agar terlihat keren atau tampil gaya," imbuhnya.

Sementara Dewan Pembina Lapangan (DPL) KKN UMT Korry Elyana juga menambahkan tujuan dari penyuluhan internet sehat ini untuk membimbing kepribadian para remaja saat ini agar dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari presentasi maupun memberikan informasi melalui media video.

"Kontrol diri lah yang bisa menjaga kita dari bahaya-bahaya internet, karena ketika kita menggunakan internet, kita bisa melihat dunia dengan jarimu,” ungkap wanita yang juga Dosen Komunikasi UMT ini.(RAZ/RGI)

SPORT
2.089 Atlet Bakal Bertanding di POPDA XI Banten, Kota Tangerang Pede Raih Juara Umum

2.089 Atlet Bakal Bertanding di POPDA XI Banten, Kota Tangerang Pede Raih Juara Umum

Sabtu, 8 Juni 2024 | 00:01

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sebagai rumah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XI Tingkat Provinsi Banten 2024, telah mematangkan berbagai persiapan untuk pelaksanaan event yang akan dibuka pada Sabtu 8 Juni 2024.

BANTEN
PLN UID Banten dan REI Banten Teken MoU untuk Hunian Modern

PLN UID Banten dan REI Banten Teken MoU untuk Hunian Modern

Kamis, 13 Juni 2024 | 08:10

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, bersama PLN Icon Plus, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perusahaan Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Banten.

OPINI
Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Ijin Freeport Diperpanjang, Rakyat Dapat Apa?

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:21

Adapun perpanjangan waktu ekspor konsentrat tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang mempertimbangkan kelangsungan produksi dan pencapaian hilirisasi industri.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill