Connect With Us

Kapolda Soroti Tawuran dan Begal, Ini Upaya Polres Metro Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 9 Maret 2022 | 10:25

Bukti senjata yang di amankan kepolisian. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Aksi tawuran dan begal yang kerap terjadi di wilayah Tangerang menjadi perhatian Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Polres Metro Tangerang Kota pun melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi aksi kejahatan yang meresahkan masyarakat tersebut.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Komarudin mengakui jika wilayahnya termasuk satu dari beberapa daerah yang cukup rentan tawuran. 

"Ini tentu jadi atensi kita bersama. Kita pun terus berkoodinasi dengan pemerintah daerah, untuk menganalisa serta mengevaluasi," jelas Komarudin, Rabu 9 Maret 2022.

Saat ini, pihaknya telah melakukan tahapan tindakan berupa preemtif dan preventif dalam mengatasi aksi tawuran maupun begal.

"Jika tahapan dari keduanya tidak digubris, dilakukan penegakan hukum," katanya 

Dalam langkah preentif, pihaknya melakukan upaya sosialisasi dan imbauan. Sedangkan upaya preventif dilakukan dengan mengerahkan kekuatan, tidak kurang dari satu kompi yang diterjunkan setiap malam. 

"Satu kompi itu kita bagi menjadi dua tim, siang dan malam. Ini kita lakukan untuk membatasi ruang gerak, dari para perilaku-perilaku yang seperti tawuran dan begal," jelasnya. 

Menurut Komarudin, modus para pelaku tawuran yang dilakukan selama ini, dengan cara melakukan undangan, ajakan, tantangan melalui media sosial antara kelompok satu dengan kelompok lainnya. 

"Ini yang sulit kita bendung. Namun tentunya dengan penggelaran kekuatan, diharapkan mereka bisa mengurungkan niat. Karena petugas yang kita sebar di lapangan," tuturnya.

Polisi pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk mencegah kembalinya tindakan tawuran itu.

Komarudin mengimbau, orang tua dapat mengawasi gerak-gerik anak agar tidak terjerumus dalam tindak kriminal seperti tawuran.

"Karena memang ada kecenderungan para pelaku ini masih di bawah umur, usia-usia sekolah. Kami mohon maaf sekali kepada para orang tua, jika tidak diawasi, kami akan proses sesuai dengan hukum. Sekali lagi hukum akan kita tegakan," ucap Komarudin. 

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut, Kota Tangerang, Depok dan Bekasi termasuk wilayah yang rawan akan tawuran dan begal. Kapolda pun menginstruksikan jajarannya untuk memetakan lokasi rawan tawuran dan begal untuk mengatasinya.

NASIONAL
GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

GEAS PLN Siap Sediakan Energi Hijau untuk Sektor Industri Indonesia

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:04

PT PLN (Persero) bertekad untuk memenuhi kebutuhan listrik ramah lingkungan bagi sektor industri di Indonesia melalui layanan Green Energy as a Service (GEAS).

BANDARA
Uji Kecepatan Emergency Response Team, Simulasi Kebakaran Digelar di Area Perkantoran Bandara Soetta

Uji Kecepatan Emergency Response Team, Simulasi Kebakaran Digelar di Area Perkantoran Bandara Soetta

Selasa, 16 Juli 2024 | 21:37

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mengadakan simulasi Emergency Response Team (ERT) di Gedung Perkantoran 601, Kantor Cabang Utama Bandara Soetta, Kota Tangerang, Selasa 16 Juli 2024.

PROPERTI
Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kolaborasi dengan Jasa Marga, Paramount Petals Hadirkan Hunian Permium 2 Lantai

Kamis, 18 Juli 2024 | 18:08

Paramount Petals, pengembang kota mandiri seluas 400 hektar di Curug, Kabupaten Tangerang, kembali menghadirkan hunian premium terbarunya.

SPORT
Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Jangan Sampai Kehabisan, Cara Beli Tiket Final PLN Mobile Proliga 2024 Lewat Aplikasi

Kamis, 18 Juli 2024 | 12:24

PLN Mobile Proliga 2024 telah memasuki babak grand final yang digelar di Indonesia Arena, Jakarta, pada 20-21 Juli 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill