Connect With Us

Sistem UN Berubah, Kota Tangerang Tagetkan Kelulusan 100 Persen

| Jumat, 21 Januari 2011 | 18:11

Zaenudin. (tangerangnews / rangga)

TANGERANGNEWS-Terkait Keputusan Mendiknas No 45/2010 dimana 40 persen porsi kelulusan siswa berdasarkan Ujian Sekolah (US), Dinas Pendidikan Kota Tangerang menyambut baik hal tersebut. Seluruh pelajar Kota Tangerang yang akan menyelengarakan Ujian Nasional (UN) pada April 2011 nanti ditargetkan lulus 100 persen.

“Biasanya tingkat kelulusan kita (Kota Tangerang) 98 hingga 99 pesen, sekarang kita targetkan 100 persen,” papar Kelapa Dinas Pendidikan Kota Tangerang Zaenudin, Jumat (21/1).
Menurutnya, Dinas pendidikan sudah mulai melakukan rapat-rapat kordinasi terhadap kepala sekolah tingkat SD, SMP dan SMA se-Kota Tangerang mengenai perubahan system penilaian kelulusan siswa tersebut.

“Kita mulai sosialisasikan ketentuan itu. Dulu penentuan kelulusan hanya dilihat dari hasil UN saja, tapi mulai tahun ini kelulusan ditentukan dua indikator, yaitu porsinya 60 persen nilai UN dan 40 persen US. Jadi beberapa tahun nilai siswa selama mengikuti belajar mengajar menjadi satu indikator kelulusan,” ungkapnya.

Meski begitu, Zaenudin menghimbau pihak sekolah tidak langsung bersenang hati dan bersantai-santai dengan aturan baru ini, melainkan lebih meningkatkan lagi dalam membimbing siswanya, sehingga kelulusan di tahun ajaran ini dapat tercapai 100 persen. “Siswa harus mengikuti pembelajaran lengkap sesuai jenjang pendidikannya, jika nilai di sekolahnya jelek, dia tidak akan lulus,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala BIdang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Tangerang Dadang Setiawan mengatakan, untuk dinyatakan lulus UN, para siswa harus memiliki nilai rata-rata 5,5 dan tidak ada nilai dibawah 4,0. Selain itu, siswa juga harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya menyelesaikan program belajar disekolah, memperoleh nilai baik dalam mata pelajaran, lulus UN dengan rumus NA=0,60 + 0,40 NS.

"Sesuai dengan ketentuan yang ada, apabila nantinya ada siswa yang tidak lulus, maka siswa tersebut tidak akan mendapatkan kesempatan ujian ulang seperti tahun lalu, melainkan siswa harus mengulang pada tahun depan," terang Dadang.

Pelaksanaan UN untuk SMK dan SMA rencananya akan dilaksanakan pada 18 April - 21 April, SMP pada 25 - 28 April, dan pengumuman kelulusan diperkirakan akan dilakukan pada 16 Mei 2011 secara serempak. Sementara itu, Untuk SMK, selain wajib untuk mengikuti UN, siswa juga wajib ikut ujian kompetensi sesuai dengan jurusan keahlian yang diambilnya.(RANGGA ZULIANSYAH)
 

MANCANEGARA
Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Pria di Nigeria Nekat Bakar Masjid Gegara Masalah Warisan, 11 Orang Tewas

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:43

Sebanyak 11 orang jemaah dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam aksi pembakaran masjid yang dilakukan oleh seorang pria di negara bagian Kano, Nigeria Utara.

NASIONAL
Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sambut KTT WWF ke-10, PLN Gelar Apel Siaga Kelistrikan

Sabtu, 18 Mei 2024 | 14:03

PT PLN (Persero) menggelar Apel Siaga Kelistrikan di kantor PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali pada Jumat, 17 Mei 2024.

OPINI
Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Cara Islam Mewujudkan Transportasi Aman dan Nyaman

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:55

Transportasi aman dan nyaman adalah tuntutan kebutuhan setiap individu masyarakat. Dengannya dapat mengantarkan ke tempat tujuan dengan selamat. Terhindar dari ancaman kejahatan selama diperjalanan dan kecelakaan lalu lintas.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill