Connect With Us

Tujuh Terdakwa BRI Ciputat Didakwa 6 Tahun Penjara

| Selasa, 22 Februari 2011 | 19:42

TANGERANGNEWS-Sidang perdana kasus penipuan dan pemalsuan dokumen peminjaman uang di Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, pada Selasa (22/2), menghadirkan tujuh terdakwa. Mereka dianztaranya adalah, Aji Zulkarnaen, Nurkhalifah, Murdomah, Yana, Asep Yudi Saputra, Bebi, dan Agus.

Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjelaskan, terdakwa dapat dikenakan Pasal 263 ayat 1, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Karena melakukan penipuan dan pemalsuan tanda tangan, serta penggelapan sertifikat. 

"Dari tujuh tersangka, enam orang menjadi tahanan kota, satu orang tahanan rutan. Satu orang yang menjadi tahanan rutan ini diduga merupakan otak penipuan," ujar JPU Riyadi, usai sidang, Selasa (22/2). 

Dijelaskan, kasus penipuan itu bermula dari perjanjian pinjam meminjam antara Emilia dengan Nur. Saat itu, Emilia meminjam uang kepada Nur sebesar Rp 10 juta dengan jaminan sertifikat tanah dan dikenakan bunga menjadi Rp 13 juta.

Namun saat Emilia ingin membayar hutang dan mengambil sertifikat tanahnya, Nur berkelit. Pasalnya, sertifikat tanah milik Emilia sudah digadaikan Nur kepada Aji sebesar Rp 20 juta dengan bunga menjadi Rp 28 juta. 

Selain Emilia, Aji pun meminta uang pinjaman kepada Nur berikut bunganya sesuai dengan perjanjian awal mereka. Sementara uang didapatkan Nur dari gadaian itu sudah habisa digunakan, Nur pun bingung. Akhirnya, dia pun menghubungi temannya Murdoma coba mencari jalan keluar.
 
Melalui Murdoma, Nur dikenalkan kepada seorang perantara yang bisa meminjamkan uang di BRI. Orang itu adalah Yana dan Yadi. Melalui mereka lah, Nur bertemu Agus, marketing BRI yang memberinya pinjaman. 

Di sini lah, Nur memulai aksinya dengan memalsukan sejumlah dokumen penting milik Emilia. Dalam menjalankan aksinya, Nur juga bekerjasama dengan Agus. Setelah kong-kalikong dan menyerahkan sejumlah dokumen Emilia yang telah difotocopy, Agus lantas melakukan survei palsu dan mendatangi rumah Emilia. 

Di rumah itu, Agus tidak bertemu dengan Emilia dan langsung mencairkan dana pinjaman sebesar Rp 50 juta. “Saat survei, Agus ditemani Bebi Komala Sari yang berperan sebagai orang yang mengaku sebagai Amelia dan Nur yang berperan sebagai suami Emilia,” ungkap Riadi. Sementara itu, sidang dilanjutkan hingga 28 Februari dengan agenda pemanggilan saksi oleh JPU.(RANGGA ZULIANSYAH)

PROPERTI
Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Laris Manis, Northridge Ultimate Business Center di BSD City Kembali Diluncurkan

Kamis, 16 Mei 2024 | 22:21

Sinar Mas Land kembali meluncurkan produk komersial terbaru yakni Northridge Ultimate Business Center. Berlokasi strategis di pusat BSD City, klaster komersial premium ini dibangun di atas lahan seluas 9.972 m2.

BANTEN
Lapas dan Rutan di Banten Over Kapasitas 59%

Lapas dan Rutan di Banten Over Kapasitas 59%

Jumat, 17 Mei 2024 | 00:05

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Banten mencatat lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di wilayah tersebut mengalami over kapasitas atau overcrowded mencapai 59,76%.

BANDARA
Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Bandara Soetta Gandeng ACI Tingkatkan Standar Keselamatan Lewat Program APEX in Safety

Senin, 13 Mei 2024 | 19:32

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bermitra dengan Airport Council International (ACI) menggelar kegiatan Airport Excellence (APEX) in Safety pada 13 - 17 Mei 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill