Connect With Us

Puncak Hujan di Tangerang, Simak 8 Tips Berkendara saat Banjir

Fahrul Dwi Putra | Senin, 7 November 2022 | 08:04

Warga mendorong sepeda motornya yang mogok akibat banjir di Jalan Raya Cisoka-Jeungjing, Kabupaten Tangerang, Jumat, 7 Oktober 2022 dini hari. (Dimas Wisnu Saputra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah wilayah di Tangerang diguyur hujan semalaman sejak Minggu, 6 November 2022, malam hingga Senin, 7 November 2022, dini hari.

Durasi hujan yang cukup lama tersebut berpotensi banjir di pagi harinya. Sebab, seperti yang diketahui dengan hujan ringan pun terkadang sudah dapat menimbulkan banjir di wilayah Tangerang. Apalagi, saat ini sudah memasuki pucak musim hujan.

Akibat dari banjir tersebut dapat mengganggu aktivitas dan mobilitas warga, terlebih hari kerja telah dimulai kembali sehingga terkadang banyak para warga yang tetap nekat meski mengetahui kondisi sedang banjir.

Untuk berjaga-jaga, berikut adalah beberapa tips berkendara saat kondisi sedang banjir seperti dilansir dari aswata.co.id, Senin 7 November 2022.

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi normal

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan seluruh lampu dalam keadaan normal dengan bohlam standar baik lampu senja, lampu utama, maupun lampu tanda belok/lampu sein. 

Baca juga: Puncak Hujan Berisiko Bencana, Petugas Gabungan di Tangerang Siaga

Keberadaan Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. 

Pastikan tekanan angin normal dan alur ban bagus

Penting untuk berkendara dalam keadaan tekanan ban sudah sesuai standar dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus. Pastikan setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan. 

Hal ini untuk mencegah risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Berkendara menggunakan ban yang sudah tipis tidak disarankan.

Pastikan sistem kontrol kendaraan berfungsi dengan baik

Sebelum berkendara dalam kondisi ekstrem tersebut, Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik. 

Pada musim hujan yang menyebabkan banjir ini perlu antisipasi keadaan darurat yang bisa mengakibatkan kecelakaan dengan melakukan perawatan ekstra.

Pastikan kecepatan berkendara terjaga

Risiko ban kendaraan tergelincir (slip) cukup tinggi ketika sedang dalam keadaan banjir dan hujan lantaran jalan yang licin. 

Baca juga: Jangan Melaminasi Dokumen Penting!

Dengan berkendara dalam kecepatan lebih rendah, semua ban menempel ke jalan dan daya cengkram dari ban lebih kuat.

Pastikan jaga jarak kendaraan dengan kendaraan lain

Menjaga jarak penting lantaran dengan ruang lebih yang banyak ketika tiba-tiba dihadapkan pada keadaan harus menghentikan laju kendaraan terhindar dari menabrak kendaraan lain.

Pastikan putaran mesin (RPM) berfungsi baik

Ketika berkendara menggunakan mobil, dalam keadaan hujan dan jalan menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas untuk memelihara traksi roda tetap optimal. 

Jaga putaran di sekitar 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

Jangan memaksa menerobos banjir

Meski dalam keadaan penting sekalipun, jangan memaksakan diri menerobos banjir apabila tidak memungkinka. Sebab, melewati genangan air dalam berisiko air terhisap masuk ke dalam mesin sehingga mesin akan mati dan bisa saja terjebak di tengah-tengah banjir.

Pastikan rute perjalananan direncanakan

Sebelum berkendara, sebaiknya rencanakan terlebh dahulu rute perjalanan yang ingin dilewati, hindari wilayah yang sudah pasti tergenang banjir di musim hujan. Update situasi jalan melalui media sosial atau portal-portal berita.

Itulah beberapa tips berkendara saat menghadapi situasi banjir.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

PROPERTI
Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Jadi Pusat Otomotif di Gading Serpong Tangerang, BEZ Auto Center Diluncurkan 

Kamis, 13 Juni 2024 | 20:35

Pusat otomotif terpadu BEZ Auto Center besutan Paramount Land, yang berlokasi di Illago Grande, Gading Serpong, resmi diluncurkan pada Selasa, 11 Juni 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill