Connect With Us

100 Pelajar Dilantik Jadi Patroli Keamanan Sekolah untuk Cegah Tawuran

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 27 Januari 2023 | 09:14

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho melantik 100 pelajar menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Kamis 26 Januari 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 100 pelajar tingkat SMA dan SMK di Kota Tangerang dilantik Satlantas Polres Metro Tangerang Kota menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Mereka dibentuk untuk mengawasi atau memantau dari tindakan-tindakan negatif para pelajar yang terjadi di dalam dan luar sekolah. Salah satunya seperti aksi tawuran yang beberapa bulan ini sedang marak.

Kapolres Metro Tangerang kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan ratusan pelajar tersebut berasal dari 20 sekolah tingkat menengah atas, di mana setiap sekolah diwakili oleh 5 pelajar.

PKS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang biasa ada di jenjang SMP maupun SMA.

"Patroli keamanan sekolah ini dibentuk dalam rangka membantu tugas polisi di sekolah-sekolah," katanya usai upacara pelantikan, Kamis 26 Januari 2023. 

Selain mengawasi atau memantau kenakalan para pelajar, PKS juga wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan. Para pelanggar selanjutnya akan dilaporkan kepada pihak guru.

Zain berharap, PKS mampu memupuk dan melahirkan pelajar disiplin terkait tata tertib lalulintas baik di sekolah maupun di luar sekolah.

"Selain itu, PKS juga diharapkan mampu menjalankan aksi anti narkoba, anti tawuran dan anti kekerasan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah," paparnya.

Dalam pelantikan tersebut beberapa guru bidang kesiswaan dihadirkan untuk lebih dapat mengetahui dan memantau keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah masing-masing.

Dengan demikian, di masa yang akan datang para pelajar akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun berlalu lintas.

"Meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga satpam, keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah ini juga sangat penting. PKS dapat membantu guru kesiswaan dalam menjalankan proses ketertiban di lingkungan sekolah," tutup Zain.

MANCANEGARA
Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Gagal Nyapres? Donald Trump Diputus Bersalah Kasus Penipuan 

Jumat, 31 Mei 2024 | 13:01

Donald Trump, mantan Presiden Amerika Serikat, dinyatakan bersalah oleh Pengadilan New York pada Kamis sore.

TANGSEL
Pemuda di Pondok Aren Tangsel Dikeroyok Gegara Kencing di Lahan Warga

Pemuda di Pondok Aren Tangsel Dikeroyok Gegara Kencing di Lahan Warga

Kamis, 20 Juni 2024 | 16:52

Seorang pemuda berinisial Roni, 25, babak belur setelah dikeroyok sejumlah orang di Jalan Wahid Hasyim, Kelurahan Jurangmangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill