Connect With Us

Waspada, Masker Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 22 Juli 2023 | 12:01

Ilustrasi jerawat pada wajah. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Pandemi Covid-19 selama hampir tiga tahun merubah kebiasaan masyarakat yang mengharuskan untuk mengenakan masker guna menghindari penyebaran virus.

Namun, penggunaan masker tersebut ternyata memiliki dampat terhadap kesehatan kulit, terutama jerawat yang kerap timbul karena berbagai faktor.

Ahli Dermatologi dan Venereologi dari RSU Hermina Tangerang dr Putri Laksmi Karim, Sp.DV menjelaskan, acne atau jerawat dapat meningkat selama pandemi Covid-19, terutama karena adanya penumpukan jaringan mati di dalam kelenjar kulit, peningkatan produksi sebum atau minyak, serta aktivitas dari P. acne, bakteri penyebab acne.

Penggunaan masker juga dapat menyebabkan gesekan dan meningkatkan suhu serta kelembaban di daerah yang ditutupi masker, yang semuanya dapat menyebabkan acne muncul.

Baca Juga: Simak 5 Tips Atasi Jerawat Tanpa Skincare 

Untuk itu, dr Putri emberikan beberapa tips sederhana untuk merawat wajah dan mencegah acne. Pertama, kita perlu rutin mencuci wajah dua kali sehari, menjaga tangan tetap bersih, dan menghindari menyentuh wajah saat tangan dalam keadaan kotor.

Selain itu, pilihlah masker yang cocok untuk wajah kita dan usahakan untuk memberikan waktu istirahat pada wajah dengan membuka masker selama 15 menit setiap 2 jam atau paling lama 4 jam.

Baca Juga: Brand Skincare Asal Prancis Hadirkan Chemical Peeling Bisa Atasi Pigmentasi dan Jerawat Sekaligus 

Lalu, penting untuk menjaga sirkulasi wajah tetap baik dan menghindari masker yang kotor. Jika acne masih tetap timbul meskipun telah melakukan langkah-langkah tersebut, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Meski begitu, dr Putri mengimbau bahwa penggunaan masker tetap penting untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19 meski saat ini status pandemi telah dicabut oleh pemerintah. 

Adapun untuk menjaga kulit tetap sehat, selain mengatasi masalah acne, dr Putri menyarankan untuk menggunakan pelembab dan sunscreen yang tepat agar kulit tidak terlalu berminyak atau kering.

OPINI
Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Rasa Aman Hanyalah Angan karena Digilas Kriminalitas

Sabtu, 11 Mei 2024 | 15:16

Terbiasa oleh ketakutan dan dijauhkan oleh rasa aman adalah gambaran khas kehidupan kita hari ini. Padahal merasa aman adalah hak setiap individu sebagai warga negara.

BANTEN
Dukung Pariwisata, Nippon Paint Percantik Belasan Kapal Wisata di Karangantu Banten

Dukung Pariwisata, Nippon Paint Percantik Belasan Kapal Wisata di Karangantu Banten

Kamis, 9 Mei 2024 | 18:04

Pelabuhan Karangantu yang terletak di Serang, Banten merupakan salah satu daerah yang dikenal sebagai pintu masuk lalu lintas perdagangan laut Nusantara sejak berabad silam yaitu.

HIBURAN
Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Kang Mus 'Preman Pensiun' Ditangkap Polisi, Diduga Terlibat Narkoba 

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:31

Pameran Kang Mus dalam sinetron Preman Pensiun, Epy Kusnandar ditangkap pihak Polres Metro Jakarta Barat akibat diduga terlibat penyalahgunaan narkoba.

BISNIS
ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

ACE Hardware Hadir di Rawa Buntu Tangsel, Tawarkan 50.000 Produk Rumah Tangga

Jumat, 10 Mei 2024 | 14:36

PT ACE Hardware Indonesia Tbk, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terbesar di Indonesia, kembali melanjutkan ekspansi dengan membuka store terbarunya di Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill