Connect With Us

Apa Saja yang Ditanyakan Saat USG? Begini Penjelasan Dokter Tangerang 

Fahrul Dwi Putra | Minggu, 6 Agustus 2023 | 18:20

Layanan laboratorium gratis untuk ibu hamil di Puskesmas Kota Tangerang, Selasa 31 Januari 2023. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com- Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) dengan dokter kandungan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi calon ibu selama masa kehamilan. 

Pemeriksaan ini tidak hanya membantu mengetahui jenis kelamin janin, tetapi juga memberikan informasi vital tentang perkembangan dan kesehatan janin yang sedang dikandung.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Mayapada Hospital Kota Tangerang dr Ivan Maurits Sondakh, Sp.OG menjelaskan, pada awal kehamilan sebaiknya bertanya pada dokter apakah kelamin janinnya sudah terlihat atau belum. Namun, tentunya tidak hanya berfokus pada hal tersebut. 

Pemeriksaan USG pada usia kehamilan sekitar 5 minggu dapat membantu mengetahui apakah janin berada di dalam rahim atau mungkin ada tanda-tanda bahwa janin berada di luar rahim. Ini penting untuk memastikan kehamilan berjalan dengan baik dan aman seperti dilansir dari kanal YouTube Mayapada Hospital, Minggu, 6 Agustus 2023.

Baca Juga: Ini Alasan Penderita GERD Sebaiknya Tak Makan Seblak Cobek Viral 

Trimester pertama, khususnya antara 11 hingga kurang dari 14 minggu, menjadi waktu penting untuk memeriksa tanda-tanda risiko sindrom pada janin. Dokter akan melakukan evaluasi yang cermat untuk mendeteksi kemungkinan risiko kesehatan yang harus diatasi sejak dini.

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, kondisi air ketuban sangat membantu dokter dalam menilai anatomi janin. Bagian kepala, tangan, jari-jari, serta organ-organ seperti ginjal dan jantung dapat terlihat dengan jelas melalui pemeriksaan USG. 

Jika diinginkan, juga dapat melakukan screening dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan (speedometernal) untuk memastikan bahwa perkembangan janin berjalan sesuai dengan usia kehamilan yang tepat.

Baca Juga: Belajar dari Pria Obesitas di Ciledug, Begini Tips Diet dari Dokter Tangerang 

Trimester ketiga menandai fase pertumbuhan janin yang semakin pesat. Pertambahan berat badan janin harus sesuai dengan usia kehamilan, dan aliran darah yang baik dari pusat ke janin perlu diperiksa dengan seksama. Jumlah ketuban juga menjadi hal penting untuk dinilai agar kehamilan berjalan dengan lancar.

Mendekati usia kehamilan 37 minggu, dokter akan memeriksa posisi atau letak kepala janin untuk memastikan bahwa janin sudah berada di bawah. Hal ini penting karena posisi janin yang benar akan memudahkan proses persalinan.

Meskipun terkadang merasa takut, grogi, atau nervous saat akan melakukan pemeriksaan USG, penting untuk diingat bahwa pemeriksaan ini sangat penting untuk menilai kondisi janin dan memastikan kesehatan serta janin yang dikandung. 

Tidak perlu takut untuk melakukan pemeriksaan USG, karena hal ini merupakan langkah penting dalam merawat kesehatan dan perkembangan janin dengan baik.

Dalam kesimpulannya, pemeriksaan USG selama kehamilan sangatlah penting untuk memantau perkembangan janin, mendeteksi risiko kesehatan, dan memastikan kehamilan berjalan dengan baik. 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan lakukan pemeriksaan USG secara rutin demi keamanan dan kesehatan serta sang buah hati yang sedang tumbuh di dalam rahim.

BANTEN
Dukung Usaha Ternak, PLN Sambung Listrik Kandang Ayam di Lebak Banten 

Dukung Usaha Ternak, PLN Sambung Listrik Kandang Ayam di Lebak Banten 

Rabu, 8 Mei 2024 | 20:18

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten kembali meluncurkan program Electrifying Agriculture (EA) untuk para pelaku usaha peternak ayam di Kabupaten Lebak.

KAB. TANGERANG
Khotmil Quran SDIP AL Ijtihad Tangerang Diapresiasi Qori Internasional

Khotmil Quran SDIP AL Ijtihad Tangerang Diapresiasi Qori Internasional

Rabu, 8 Mei 2024 | 22:26

Khotmil Quran Sekolah Dasar Islam Plus (SDIP) Al Ijtihad, Kuta Baru, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang yang digelar Rabu 8 Mei 2024, mendapat apresiasi dari Qori Internasional yang mewakili Indonesia, ustaz Syamsuri Firdaus.

BISNIS
Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Kembangkan Usaha Nasabah Inkulsi, BTPM Syariah Libatkan Mahasiswa Program Kampus Merdeka

Jumat, 3 Mei 2024 | 19:06

Mengawali 2024, kinerja BTPN Syariah tetap terjaga. Hal ini tak lepas dari upaya Bank yang selektif dalam menyalurkan pembiayaan serta program pendampingan yang semakin intensif ke masyarakat inklusi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill