Connect With Us

Catat, Ini 8 Lokasi Tim Siaga Bencana Dampak El Nino di Kota Tangerang

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 19 Agustus 2023 | 10:27

Tim Posko Siaga Bencana bentukan BPBD Kota Tangerang (@TangerangNews / Istimewa )

TANGERANGNEWS.com- Saat ini sejumlah wilayah di Indonesia tengah mengalami musim kemarau dengan fenomena El Nino, termasuk Kota Tangerang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang membentuk Tim Posko Siaga guna mengantisipasi dampak dari fenomena El nino tersebut.

Nantinya, Tim Posko Siaga ini akan membantu permasalahan yang ditimbulkan dari dampak fenomena El Nino seperti kekeringan, kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono mengatakan, tim ini dibentuk dari gabungan beberapa lembaga, yakni Palang Merah Indonesia (PMI), Polri, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, serta para relawan. 

Selain itu, sejumlah OPD terdiri dari Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Satpol PP, hingga Dinas Sosial akan bersiaga selama 24 jam jika terjadi dampak dari fenomena El Nino.

Dari setiap tim akan ditugaskan enam hingga sepuluh orang yang ditempatkan di delapan titik yang tersebar di beberapa wilayah di 13 Kecamatan, Kota Tangerang. 

“Tim ini sudah dibentuk berdasarkan Perwal pada bulan Mei 2023 kemarin. Sehingga nantinya mereka akan siaga untuk dapat mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,” ujar Maryono saat dihubungi Jumat, 18 Agustus 2023.

Maryono mengimbau, masyarakat harus berhati-hati di tengah dampak fenomena El Nino terkait mitigasi kebakaran, tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pembakaran di lahan kering/kosong, serta memeriksa kabel listrik agar mencegah korsleting listrik.

“Saat ini yang harus di khawatirkan terkait dengan pembakaran di lokasi pembuangan sampah liar. Karena kami dari BPBD sudah beberapa kali melakukan pemadaman api di lokasi pembuangan sampah yang terjadi kebakaran. Untuk itu, masyarakat harus mulai peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membakarnya,” imbaunya. 

Berikut 8 lokasi Tim Siaga Bencana di Kota Tangerang:

1. Markas Komando BPBD Kota Tangerang, Jalan Raya Daan Mogot No.67, RT.001/RW.001, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang

2. UPT Damkar Cibodas, Jalan Merak Raya No. 40, RT.001/RW. 012, Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang

3. UPT Damkar Ciledug, Jalan Rawa Kambing 1, RT. 003/RW. 002, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang

4. UPT Damkar Periuk, Jalan Villa Tgr. Regensi No. 113, RT. 009/RW. 005, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang

5. UPT Damkar Batuceper, Dunia Bangunan (Poris Jaya), RT. 001/RW. 001, Kelurahan Poris Jaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang

6. Pos Damkar Pinang, Belakang Kantor Kecamatan Pinang, RT. 004/RW. 004, Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang

7. Pos Damkar Benda, Jalan Atang Sanjaya, RT.001/RW. 006, Kecamatan Benda, Kota Tangerang

8. Pos Damkar Keroncong Indah, Perumahan Keroncong Permai, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang

NASIONAL
Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Rekomendasi Pilihan Oleh-oleh Haji, Bisa Dibeli di Tanah Air!

Jumat, 3 Mei 2024 | 18:02

Bagi umat Muslim, menunaikan ibadah haji adalah salah satu kewajiban agama yang sangat diidamkan. Selain menjadi momen spiritual yang mendalam,

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

MANCANEGARA
Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Butuh Hiburan? Coba Kunjungi 5 Tempat Paling Lucu di Dunia 

Jumat, 3 Mei 2024 | 09:51

Tertawa adalah salah satu reaksi alamiah manusia. Biasanya dipicu karena peristiwa atau kejadian lucu sesuai dengan selera humor masing-masing Individu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill