Connect With Us

Kadis PU Desak Wali Kota Bangun Frontage Tol

| Selasa, 26 April 2011 | 21:26

Jalan Tol Jakarta-Tangerang. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Tak kunjung juga dikerjakan proyek pembangunan frontage tol Jakarta-Tangerang membuat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kota Tangerang,  Dadang Durachman, meminta Wali Kota Tangerang untuk segera membangunnya.

Sebab, menurut Dadang, proyek tersebut sangat bisa mengurangi kemacetan baik di Jakarta maupun di Kota Tangerang. Terutama kemacetan yang ada di Jalan KH Hasyim Ashari  (Kecamatan Pinang) dan Kembangan, Jakarta Barat.
"Melihat kemacetan di tol Jakarta - Tangerang, dan Gondrong menuju Jakarta, sudah sepantasnya dibangun frontage ini," ujar Dadang, Selasa (26/04/2011).

Menurut Dadang, wacana pembangunan frontage tol itu sudah digulirkan sejak dirinya menjadi Kepala Bappeda Kota Tangerang, tahun 2006 silam. Karena wacana itu sangat bagus, maka sudah dibuat dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan Detail Engginering Design (DED) Kota Tangerang.
 

Menurut Dadang, proyek frontage tol itu hanya sepanjang empat kilometer, dan estimasi biaya investasi sekitar Rp 4,8 miliar (belum termasuk pembebasan lahan). Sedangkan untuk melakukan pembebasan dibutuhkan anggaran sekitar Rp300 miliar . Konsorsium pengembang menurut Dadang, sudah siap membantu Pemkot Tangerang.
 
"Tapi saya sadar, proyek ini cukup bagus, tapi tidak baik bagi aspek sosial, karena akan ada penggusuran atau pembebasan tanah,” ucapnya.

Karena itu lanjut Dadang, Wahidin cenderung membangun proyek yang bisa berdampak positif bagi pencitraan dirinya. "Tapi proyek frontage tol ini berdampak positif juga bagi masyarakat. Jalan jadi tidak macet," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Dadang juga mengungkapkan bahwa kondisi jalan di Kota Tangerang, sudah cukup baik. Dari 130 km yang ada, hanya terdapat tiga persen jalan yang rusak. "Kalau masih ada jalan yang rusak, sabar saja, pasti diperbaiki, karena anggarannya memang ada. Seperti tahun 2011 ini sekitar Rp 7 miliar untuk pemeliharaan jalan," ucapnya.

Jalan yang hendak diperbaiki tahun ini, kata Dadang, Jalan Garuda hingga Jurumudi, Batu Ceper. "Sebagian jalan itu sudah diperbaiki, tinggal 1,5 km lagi yang akan diperbaiki. Dan itu dilakukan bertahap karena anggarannya sekitar Rp 12 miliar," ucapnya.

Untuk proyek jalan itu, saat ini kata Dadang masih dalam proses lelang. Karena sudah ada 130 rekanan yang mendaftar, dan ada 25 perusahaan yang sudah serius menawar. Selain itu, jalan yang hendak diperbaiki adalah Jalan Maulana Hasanuddin, Cipondoh, sepanjang 900 meter. Perbaikan dengan sistem cor beton ini, akan menelan biaya sekitar Rp 5 miliar. "Sebelum diperbaiki, kami akan menurap dahulu Kali Sipon sepanjang 2,8 km, dan menelan biaya sekitar Rp 2 miliar," ucap Dadang.
 
Sementara itu, Anggota DPRD Kota Tangerang Aulia Epriya Kembara mengatakan, kehati-hatian wahidin memang sangat dimaklumi. Sebab, memang pembebasan lahan bisa memacu konflik dengan masyarakat. “Mungkin juga pak wali ada trauma dengan pembebasan lahan. Ini dapat dimaklumi,” terang Aulia.(DRA)  
  
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Kelompok Gangster Bersajam Serang Warga di Cipondoh Tangerang

Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:40

Sekelompok remaja diduga gangster melakukan aksi penyerangan kepada warga Poris Plawad, di Jalan Hasyim Ashari, Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Sabtu 18 Mei 2024, dini hari.

KAB. TANGERANG
Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Bukan Pertama Kali, Pengamen di Kosambi Tangerang Nekat Sayat Lehernya Sendiri 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 11:12

Seorang pengamen jalanan nekat melakukan percobaan bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri dengan pisau cutter di samping Pos Security POS 2 Griya Dadap, Kampung Dadap Jati, Kecamatan Kosambi, Jumat, 17 Mei 2024, sekira pukul 12:30 WIB.

BANTEN
Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Permudah Akses Pembayaran Listrik, Srikandi PLN Banten Kenalkan Program Yarling

Sabtu, 18 Mei 2024 | 09:28

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN melalui kemudahan akses pembayaran listrik dengan program Pembayaran Keliling (Yarling).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill