Connect With Us

Waspada Takjil Mengandung Bahan Kimia, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Sidak di Pasar Lama

Yanto | Rabu, 13 Maret 2024 | 17:35

Dinkes Kota Tangerang sidak takjil mengandung bahan kimia di Pasar Lama, Rabu 13 Maret 2024. (@TangerangNews / Yanto)

TANGERANGNEWS.com-Pedagang Takjil di Pasar Lama Kota Tangerang, disidak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Rabu 13 Maret 2024.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan pada setiap lokasi diperiksa sekitar 25 jenis takjil seperti kikil bakar, otak-otak, mie goreng, cincau, lontong, dimsum, kue cubit dan beberapa lainnya.

"Yang kita teliti ada empat macam kandungan bahan kimia yakni boraks, formalin, rodamin, dan metalin yellow. Jika dari sampel takjil yang diambil ditemukan ada kandungan tersebut, petugas akan melakukan tindakan lanjutan," ungkapnya.

Ia pun menyatakan, sidak Takjil akan berlangsung selama 3 hari ke depan. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan mengawasi pedagang takjil agar jangan sampai dagangannya mengandung bahan makanan yang berbahaya.

"Selain itu, kegiatan ini sebagai langkah melindungi masyarakat, konsumen atau pembeli makanan takjil supaya merasa aman, dengan apa yang mereka konsumsi. Ini juga sebagai edukasi kepada pedagang maupun pembeli, untuk harus berhati-hati," paparnya.

Menurutnya, bahan makanan yang mengandung bahan kimia bila dikonsumsi tidak rasa efeknya tetapi bila dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Pihak juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari makanan yang berwarna, warni dan menarik, sebab makanan yang berwarna terang bisa mengandung bahan kimia.

"Pesan dari saya lebih baik membuat makanan sendiri di rumah, saat membeli makanan berhati-hati melihat warna yang terang, belum tentu makanan itu enak, justru bisa berbalik berbahaya," tegas dr Dini.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill