Connect With Us

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin Berusia 100 Tahun di Kota Tangerang Diusulkan Jadi Situs Cagar Budaya

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 3 Mei 2024 | 18:53

Makam Kapitan Oet Kiat Tjin di Jalan Cinda RT 01/03, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen meningkatkan program pelestarian potensi cagar budaya.

Terbaru, Pemkot Tangerang mengusulkan Makam Kapitan Oey Kiat Tjin menjadi situs cagar budaya baru di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menuturkan, Pemkot Tangerang telah mengusulkan secara resmi makam Kapitan der Chinezen Tangerang terakhir tersebut, menjadi situs cagar budaya di Kota Tangerang.

Usulan tersebut baru dapat direalisasikan setelah proses perizinan bersama pihak keluarga dan ahli waris Oey Kiat Tjin selesai.

“Situs bersejarah (Makam Oet Kiat Tjin) ini sudah memenuhi syarat administratif sebagai cagar budaya, mulai dari usia bangunan hingga nilai historis yang dimilikinya,” ujar Rizal, Jumat 3 Mei 2024.

Tidak hanya itu, Makam Kapitan Oey Kiat Tjin selama ini memang telah dikenal sebagai salah satu situs terpenting untuk melacak sejarah pancang etnis peranakan Tionghoa (Cina Benteng) di Kota Tangerang.

Terlebih, Makam Kapitan Oey Kiat Tjin tercatat telah berumur hampir 100 tahun. Saat ini, Makam Kapitan Oey Kiat Tjin dapat dikunjungi di Jalan Cinda RT 01, RW 03, Nusa Jaya, Karawaci, Kota Tangerang.

“Semoga Makan Kapiten Oey Kian Tjin dapat secepatnya ditetapkan sebagai cagar budaya di Kota Tangerang. Jadi, ke depannya dapat menjadi situs bersejarah edukatif yang dapat dilestarikan secara baik,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga berupaya mengusulkan situs-situs bersejarah lainnya menjadi cagar budaya, seperti Gerbang Rumah Kebun Lenhoff Wergade dan Rumah Telepon Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang.

WISATA
5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

5 Kuliner Pernah Viral di Kota Tangerang, Nomor 1 Milik Mantan Pramugari 

Kamis, 13 Juni 2024 | 10:44

Kuliner di Kota Tangerang selalu menarik perhatian, dari yang legendaris hingga yang unik dan lezat, sering kali menjadi viral di media sosial.

BANDARA
Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Bandara Soekarno-Hatta Salurkan Hewan Kurban ke 12 Lokasi di Tangerang

Minggu, 16 Juni 2024 | 20:14

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat sekitar wilayah Tangerang, dengan menyalurkan bantuan hewan kurban di momen Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H.

BANTEN
PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

PPDB Banten Tingkat SMA/SMK 2024 Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

Kamis, 20 Juni 2024 | 11:30

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten 2024 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah resmi dimulai sejak Rabu, 19 Juni 2024.

TOKOH
Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Inspiratif, Cerita Abah Dindin Pendiri Yayasan Kumala Naungi dan Didik Anak-anak Jalanan

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:08

Dindin Komarudin, akrab dikenal sebagai "Abah Dindin," telah mendirikan rumah singgah bernama "Yayasan Kumala" sejak tahun 2004 untuk membantu anak-anak jalanan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill